STRATEGI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 01 PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

Siti, Khotimah (2020) STRATEGI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 01 PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI KHOTIMAH_STRATEGI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah kebutuhan yang mutlak bagi kehidupan dan menjadi suatu permasalahan yang sangat penting, bahkan tidak dapat terpisahkan sama sekali dari proses kehidupan kita, baik itu dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Di dalam pendidikan agar tercipta suatu tujuan pendidikan maka seorang guru harus bisa melaksanakan atau menyelenggarakan sebuah kegiatan dimana hal tersebut sebagai tugas utamanya yaitu penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Sedangkan dalam penyelenggaraan pembelajaran baik itu yang termasuk dalam mata pelajaran umum atau agama, agar dapat berlangsung dengan baik, efektif dan efisien, maka seorang guru haruslah memiliki gambaran dan wawasan yang luas serta menyeluruh mengenai strategi dalam pembelajarannya. Lokasi penelitian yang penulis lakukan yaitu di SMP Negeri 01 Patikraja Kabupaten Banyumas. Untuk tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui berbagai macam strategi pembelajaran yang digunakan dan mendeskripsikan langkah-langkah penerapannya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Dan metode yang digunakan penulis pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif , sedangkan proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu guru PAI dan peserta didik. Dari analisis yang penulis lakukan setelah melakukan penelitian, maka hasilnya: 1. Macam-macam strategi pembelajaran yang digunakan yaitu: a. Terkait dengan penggunaan strategi pembelajaran, guru belum begitu memahami penggunaan istilah tersebut, beliau lebih paham dengan model pembelajaran serta metode pembelajaran., b. Jika guru menggunakannya atau memahaminya hanya model pembelajaran, berarti dalam pembelajaran PAI di sekolah tersebut dapat di bilang belum ada penggunaan strategi pembelajaran., c. Jika model pembelajaran yang guru gunakan tersebut dapat disebut juga dengan strategi pembelajaran dan dengan mengacu pada referensi, maka strategi pembelajaran yang digunakan guru adalah seperti Strategi Problem Based Learning/Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Pembelajaran Inkuiri. 2. Untuk penerapan strategi pembelajarannya, dari masing-masing strategi tersebut sudah cukup baik dan sesuai dengan teori strategi pembelajaran. Kemudian terkait prestasi belajar dalam pembelajaran PAI sendiri mayoritas sudah meningkat dan lebih baik, karena setiap peserta didik sudah banyak yang mendapatkan nilai bagus atau tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Peningkatan Prestasi Belajar, Peserta Didik, Pembelajaran PAI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siti Khotimah
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:26
Last Modified: 22 Oct 2020 03:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8337

Actions (login required)

View Item View Item