PRAKTIK JUAL BELI ONLINE OBAT HERBAL PRODUK CV DE NATURE INDONESIA MAJENANG, CILACAP MELALUI PERANTARA PERSPEKTIF FIQH MU’A<MALAH

UMI, SALAMAH (2020) PRAKTIK JUAL BELI ONLINE OBAT HERBAL PRODUK CV DE NATURE INDONESIA MAJENANG, CILACAP MELALUI PERANTARA PERSPEKTIF FIQH MU’A<MALAH. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTKA.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UMI SALAMAH_PRAKTIK JUAL BELI ONLINE OBAT HERBAL PRODUK CV DE NATURE INDONESIA MAJENANG, CILACAP MELALUI PERANTARA PERSPEKTIF FIQH MU'AMALAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada zaman modern ini, di mana zaman sudah dipenuhi dengan peralatan teknologi yang serba canggih orang memilih melakukan segala sesuatunya dengan mudah dan instan lewat internet. Salah satu bentuk kegiatan yang saat ini marak dilakukan manusia dengan mengandalkan internet adalah bisnis online. De Nature Indonesia, sebagai salah satu toko online obat herbal berkualitas yang memasarkan produknya melalui media sosial dengan metode marketing atau melalui perantara online. Pada praktiknya, terdapat kerjasama antara pemilik atau direktur dengan perantara marketing online untuk memasarkan produknya via online oleh si perantara (makelar) tersebut. Perantara marketing online tidak menyediakan atau memiliki stok barang yang akan dijualnya. ia hanya bertugas untuk memasarkan barang-barangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan jelas bagaimana praktik jual beli online obat herbal dan tinjauan fiqh mu’amalah mengenai sistem akad praktik jual beli online produk CV De Nature Indonesia. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu semua penelitian yang dilakukan di lingkungan masyarakat tertentu, baik lembaga-lembaga masyarakat (social), maupun lembaga pemerintahan. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah normatif-sosioilogis, yakni membahas masalah yang diteliti dengan berdasar ketentuan norma-norma agama atau teori hukum Islam dengan pendekatan dari hukum ke masyarakat. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa CV De Nature Indonesia menggunakan jasa makelar/perantara marketing online dalam memasarkan produk obat herbal melalui internet. Skema jual beli online obat herbal produk CV De Nature Indonesia dengan sistem perantara marketing (makelar/simsa>r) memiliki kesamaan dengan akad bai’ as-salam. Kemudian dalam tinjauan fiqh mu’amalah, praktik jual beli online obat herbal CV De Nature Indonesia dengan sistem perantara marketing online hukumnya sah atau diperbolehkan, dikarenakan rukun dan syarat jual beli terpenuhi dan juga telah memenuhi syarat dan rukun sesuai dengan konsep makelar. Pemberian upah atas dasar kesepakatan, memenuhi rukun makelar dalam hal upah dan sesuai syarat karena ada kejelasan pengupahan dan diketahui oleh kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perantara Marketing Online, Jual Beli Online, Fiqh Mu’a>malah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Umi Salamah
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:14
Last Modified: 05 Oct 2020 03:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8136

Actions (login required)

View Item View Item