ANALISIS STRATEGI DIFERENSIASI DAN INOVASI DALAM KEUNGGULAN BERSAING GUNA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (STUDI KASUS PADA BATIK PRINGMAS, DESA PAPRINGAN, BANYUMAS)

Ani, Maesaroh (2020) ANALISIS STRATEGI DIFERENSIASI DAN INOVASI DALAM KEUNGGULAN BERSAING GUNA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (STUDI KASUS PADA BATIK PRINGMAS, DESA PAPRINGAN, BANYUMAS). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ani Maesaroh_Analisis Strategi Diferensiasi dan Inovasi dalam Keunggulan Bersaing Guna Meningkatkan Kinerja Pemasaran(Studi Kasus pada Batik Pringmas, Desa Papringan, Banyumas)1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ANALISIS STRATEGI DIFERENSIASI DAN INOVASI DALAM Popularitas batik Pringmas semakin meningkat dengan ciri khas batik Klasik Banyumasan. Pengobeng yang profesional, prestasi yang diraih, kualitas produk dan penciptaan produk baru serta pemasaran yang dilakukan semakin membuat kinerjanya meningkat dari pesaing batik Banyumasan lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis startegi diferensiasi dan inovasi dalam keunggulan bersaing guna meningkatkan kinerja pemasaran batik Pringmas. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan model rantai nilai Porter untuk mengidentifikasi keunggulan bersaing yang dimiliki. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi terkait. Hasil Penelitian menunjukan jika strategi diferensiasi batik Pringmas dapat dilihat dari dua dimensi diferensiasi yaitu personalia dan citra. Dan dari sisi inovasi terdiri atas inovasi produk dan pemasaran. Dua strategi ini didapat dari keunggulan bersaing hingga mampu meningkatkan kinerja pemasaran batik Pringmas. Strategi diferensiasi dengan mengoptimalkan kompetensi SDM serta memperkuat citra ke arah pasar internasional. Inovasi produk semakin beragam, serta adanya perluasan pemasaran dan peningkatan teknologi pemasaran yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Diferensiasi, Inovasi, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Manajemen Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Ani Maesaroh
Date Deposited: 30 Sep 2020 04:15
Last Modified: 30 Sep 2020 04:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8117

Actions (login required)

View Item View Item