PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HOLISTIK INTEGRATIF DI SMA NEGERI 1 KEJOBONG

Jepriono, Jepriono (2020) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HOLISTIK INTEGRATIF DI SMA NEGERI 1 KEJOBONG. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JEPRIONO_PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HOLISTIK INTEGRTIF DI SMA N 1 KEJOBONG.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam dunia pendidikan, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan sala satu mata pelajaran yang dianjurkan hampir disemua jenjang pendidikan, tanpa terkecuali di sekolah menengah atas. Pendidikan Agama Islam diharapkan dapat memberikan kontribusi agar terbentuknya manusia yang beriman dan bertaqwa, cerdas dan trampil agar dapat hidup dimasyarakat. Namun dalam kenyataannya Pendidikan Agama Islam belum berjalan secara maksimal hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam lebih didominasi dengan metode ceramah dan hafalan seperti di SMA Negeri 1 Kejobong. Selain itu seorang guru Pendidikan Agama Islam harus memiliki kemampuan dan wawasan yang luas supaya tidak memiliki sekat dengan mata pelajaran yang lainnya dan kurang berintegrasi antar satu sama lain. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Holistik Integratif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Kejobong kabupaten Purbalingga dengan subjek penelitian kepala sekolah SMA Negeri 1 Kejobong dan guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Kejobong yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan tentang pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam holistik integratif yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kejobong kabupaten Purbalingga, penelitian ini menunjukan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam holistik integratif yang meliputi sholat dhuha, tadarus Al-Quran, diskusi dan tanya jawab dikatakan holistik integratif karena dalam pelaksanaan pembelajaran mencakup tiga aspek yaitu koognitif, afektif dan psikomotorik serta berintegrasi dengan antar disipiln ilmu yang lainnya seperti agama dengan sains, agama dengan sosial dan agama dengan iptek. Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Holistik IntegratiF

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN HOLISTIK INTEGRATIF
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.07 Pendidikan, Penelitian Aqaid dan ilmu kalam
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.1 Iman Kepada Allah
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Jepriono J
Date Deposited: 30 Aug 2020 12:13
Last Modified: 30 Aug 2020 12:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7965

Actions (login required)

View Item View Item