Tita, Komala (2020) PENGARUH KESEJAHTERAAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA UPTD PEMELIHARAAN JALAN MAJENANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
TITA KOMALA_PENGARUH KESEJAHTERAAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA UPTD PEMELIHARAAN JALAN MAJENANG.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
UPTD Pemeliharaan Jalan Majenang merupakan salah satu unit pelaksana teknis dibawah Dinas PUPR Kabupaten Cilacap. UPTD Pemeliharan Jalan Majenang memiliki 30 pegawai yang terdiri dari 22 orang berstatus PNS dan 8 orang Tenaga Harian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesejahteraan yang diberikan oleh organisasi terhadap kinerja pegawai. Menurut buku Malayu SP Hasibuan menyatakan bahwa pemberian kesejahteraan terhadap pegawai secara tidak langsung mempengaruhi kinerja pegawai. Penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode deskriptif-kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan yaitu dengan terjun langsung untuk membagikan kuisioner kepadaa seluruh pegawai, melakukan observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji instrument yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji T. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa adanya pengaruh kesejahteraan secara simultan yang didalamnya termasuk dimensi ekomonis, fasilitas dan pelayanan terhadap kinerja pegawai. Dibuktikan dengan hasil uji F yaitu diperoleh F hitung sebesar 6.114 > F tabel 2.96 dengan signifikansi sebesar 0.020. Dari ketiga variabel tersebut, yang paling berpengauh adalah dimensi fasilitas dengan nilai T hitung 4.765 > T tabel 2.056 sedang dimensi pelayanan T hitung sebesar 1.536 < T tabel 2.056 yang artinya dimensi pelayanan tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Dari hasil olah data tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel independen kesejahteraan secara keseluruhan dan bersama-sama yang termasuk didalamnya dimensi ekonomis, fasilitas dan pelayanan berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu kinerja pegawai. Sedangkan diantara ketiga variabel independen tersebut yang paling berpengaruh adalah dimensi fasilitas. Sedangkan untuk dimensi pelayanan tidak berpengaruh. Untuk meningkatkan kinerja pegawai, pihak manajemen harus memperhatikan faktor kesejahteraan yang diberikan bagi pegawainnya dan melakukan evaluasi terhadap faktor pelayanan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesejahteraan, Ekonomis, Pelayanan, Fasilitas, Kinerja |
Subjects: | 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah 300 Social sciences > 360 Social services; association |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Sdri Tita Komala |
Date Deposited: | 30 Aug 2020 12:16 |
Last Modified: | 30 Aug 2020 12:16 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7961 |
Actions (login required)
View Item |