PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS PUISI BEBAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INDEPENDENT WRITING DAN PERAGA BENDA KONKRET DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH MAJATENGAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012

RATMINAH, NIM. 092336182 (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS PUISI BEBAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INDEPENDENT WRITING DAN PERAGA BENDA KONKRET DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH MAJATENGAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
RATMINAH_PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS PUISI BEBAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INDEPENDENT WRITING DAN PERAGA BENDA KONKRET DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH MAJATENGAH TAHUN PELAJARAN 2011-2012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

LaporanhasilperbaikanpembelajaranBahasa Indonesia kelas V melaluiPenelitianTindakanKelas (PTK) di MI MuhammadiyahMajatengah, KecamatanKemangkon, KabupatenPurbalinggaTahunPelajaran 2011/2012. Salah satumateripembelajaranBahasa Indonesia yang dianggapsulitolehsiswadalammembuatpuisi. Hal inidisebabkankarenamenulispuisimemerlukan proses danlatihan yang tidaksedikit. Ada beberapafaktor yang mempengaruhikeberhasilansiswadalampembelajaranmenulispuisibebas.Penguasaansiswadipengaruhioleh model belajar yang diterapkan guru danpenggunaanalatperaga. Untukmeningkatkankeberhasilanpembelajaranmenulispuisibebas, penulismenggunakan model belajarIndependent Writingdanalatperagabendakonkret. PenelitianTindakanKelas (PTK) dilakukandalamtigasiklus.Data penelitiandiperolehdengantesformatiftiap-tiapsiklus, sedangkan data tentangpenggunaanalatperagadiperolehmelaluipengamatan.Selama proses perbaikanpembejaranolehtemansejawat (observer). Dari hasilanalisishasilbelajardiperolehkesimpulanbahwa, penggunaan model belajarIndependent Writingdanbantuanbendakonkretdapatmeningkatkankemampuansiswadalammenulispuisibebas.DalampembelajaranBahasa Indonesia kompetensimenulispuisibebasterbuktidapatmeningkatkanpenguasaansiswaterhadapmateridanhasilbelajarsiswa.Hal inidapatdilihatpadalembarannilaiprestasibelajarsiswa yang menunjukkanbahwa, peningkatanprestasibelajarsiswadarisiklus I sampaisiklus III menunjukkanpeningkatan.Padasiklus I kesiklus II mengalamipeningkatan 31 % yaitudari 50 % menjadi 81 % danpadasiklus III meningkat 19 % yaitudari 81 % menjadi 100 %. Kata kunci :Ketrampilanmenulis, puisibebas, model belajarIndependent Writing, alatperaga, danbendakonkret

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 15 Aug 2016 07:15
Last Modified: 15 Aug 2016 07:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item View Item