MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KARANGANYAR KECAMATAN KARANGANYAR

Siti, Masruroh (2016) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KARANGANYAR KECAMATAN KARANGANYAR. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SITI MASRUROH_MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS MADRASAH DI MTs NEGERI KARANGANYAR PURBALING2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah adalah model manajemen yang memberikan otonomi lebih besar kepada madrasah dan mendorong madrasah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif untuk memenuhi kebutuhan mutu madrasah dalam pendidikan khususnya pada mata pelajaran agama, rendahnya mutu lulusan madrasah saat ini diakibatkan adanya tiga faktor yang menyebabkan mutu pendidikan tidak mengalami peningkatan secara merata yaitu: faktor pertama kebijakan dan penyelenggaraan pendidikan dilakukan menggunakan metode education production function atau input-output yang dilaksanakan tidak secara konskuen, faktor kedua kebijakan pendidikan nasional dilakukan secara birokratik-sentralistik, dan faktor ketiga peran serta masyarakat terutama orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan saat ini sangat minim.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah yang dilakukan oleh MTs Negeri Karanganyar Purbalingga. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yang termasuk jenis penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru. Obyek yang dikaji adalah manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah yang ada di MTs Negeri Karanganyar Purbalingga.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunkan teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa MTs Negeri Karanganyar Purbalingga telah meningkatkan mutu berbasis madrasah secara efektif. Hal ini dibuktikan dengan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan yang baik. Adapun yang menjadi faktor keberhasilan manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah yaitu perencanaan (planning) dilakukan dengancara membuat rencana kerja jangka pendek, menengah, dan panjang, pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan cara menempatkan guru dan karyawan sesuai keahlian masing-masing, penggerakan (actuating) dilaksanakan oleh kepala madrasah dengan cara mengawasi proses pembelajaranmelalui pengecekan dalam kelas melalui kamera cctv, dan pengawasan (controlling) dilakukan kepala madrasahsecara rutin dan periodik, komite dan kemenag secara insidental dengan waktu yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen, mutu, madrasah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 15 Aug 2016 01:52
Last Modified: 15 Aug 2016 01:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/774

Actions (login required)

View Item View Item