PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA KELAS RENDAH DI MI MODERN SATU ATAP AL- AZHARY AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Halimatus Sa’diyah, 1323305154 (2020) PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA KELAS RENDAH DI MI MODERN SATU ATAP AL- AZHARY AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
HALIMATUS SA'DIYAH_PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA KELAS RENDAH DI MI .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pembelajaran yang berbasis Teknologi dan Komputer yang merupaka muatan lokal. Pembelajaran TIK memiliki kesamaan dengan pembelajaran lain, berbeda halnya dengan Pembelajaran TIK lebih banyak pembelajaran dengan praktek langsung pada Laboratorium Komputer. Pembelajaran TIK pada kelas rendah juga dapat memberikan kesan yang sangat mendalam kepada peserta didik saat proses penerimaan pembelajaran berlangsung, sehingga membentuk pengertian yang baik dan sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran TIK pada kelas rendah di MI Modern Satu Atap Al- Azhary Ajibarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari guru kelas serta guru mata pelajaran TIK, siswa kelas 1, 2 dan 3 serta Kepala Madrasah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran TIK pada kelas rendah di MI Modern Satu Atap Al- Azhary Ajibarang telah menggunakan komputer dan pembelajaran berlangsung di Laboratorium Komputer dan di sertai dengan tahapan yang meliputi: Pembukaan, Kegiatan Inti dan Kegiatan Penutup. Di pembelajaran TIK semua siswa dari kelas 1 (satu) sudah menggunakan komputer masing-masing dengan hal tersebut pembelajaran berlangsung dengan kondusif dan siswa mengetahui dalam menggunnakan komputer bagaimana semestinya dengan panduaan guru kelas dan guru mata pelajaran TIK dan anak mandiri dalam pembelajaran selayaknya pada pembelajaran mata pelajaran biasa yang hanya berbasis teori. Kata Kunci : Pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Jul 2020 02:59
Last Modified: 09 Jul 2020 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7474

Actions (login required)

View Item View Item