PENGEMBANGAN KREATIVITAS PADA ANAK USIA SD/MI DI AN NAJAH KREATIF PURWOKERTO

Yuyun Zuniar Kartika, 1423305225 (2020) PENGEMBANGAN KREATIVITAS PADA ANAK USIA SD/MI DI AN NAJAH KREATIF PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
YUYUN ZUNIAR KARTIKA_PENGEMBANGAN KREATIVITAS PADA ANAK USIA SDMI DI AN NAJAH KREATIF PURWOKERTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kreatvitas adalah kemampuan untuk menciptakan atau memunculkan produk atau gagasan baru berdasarkan pengalaman, wawasan, maupun hubungannya dengan orang lain. Kreativitas merupakan suatu hal yang tidak diturunkan, karena kreativitas merupakan hasil interaksi potensi kreatif individu dengan lingkungannya. Lingkungan menjadi penunjang utama untuk mengembangkan kreativitas, tanpa lingkungan yang mendukung mustahil akan teraktualisasikan. Minimnya kesadaran orang tua untuk mengenali dan mengembangkan kreativitas anak menjadikan sekolah sebagai lembaga strategis untuk mengembangkan kreativitas anak. Beberapa upaya yang dilakukan sekolah untuk mengembangkan kreativitas peserta didik adalah dengan memeberikan pengalaman, pengetahuan, dan motivasi kepada peserta didik karena sumber utama dari kreativitas adalah ketiga hal tersebut. Penelitian ini dilakukan di An Najah Kreatif Purwokerto bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara jelas dan mendalam tentang pengembangan kreativitas anak di An Najah Kreatif Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan melalui tahapan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Dari hasil penelitian menunjukan bahwa An Najah Kreatif Purwokerto merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang melaksanakan pengembangan kreativitas terhadap anak-anak. Terdapat tiga aspek kreativitas peserta didik yang dikembangkan yakni aspek berpikir kreatif/aptitude, sikap/nonaptitude, dan motorik. Pengembangan kreativitas aspek berpikir kreatif/aptitude dilakukan melalui kegiatan menulis kreatif,, membaca, bertanya, dan diskusi. Pengembangan aspek sikap/non-aptitude dilakukan melalui kegiatan permainan tradisional, aoutbond training, outing class, eksperimen, menyusun puzzel, NK ceria dan festival anak soleh. Sedangkan pengembangan aspek motorik dilakukan melalui kegiatan menulis, mewarnai, menari, olah raga, renang, bermain music.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan kreativitas, Anak/Peserta Didik, An najah Kreatif Purwokerto
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:38
Last Modified: 02 Jul 2020 07:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7386

Actions (login required)

View Item View Item