Pengembangan Bakat Siswa di MI Negeri Purwareja Klampok

Nugrah Haryati, 1123305044 (2016) Pengembangan Bakat Siswa di MI Negeri Purwareja Klampok. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
NUGRAH HARYATI_PENGEMBANGAN BAKAT SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bakatan adalah suatu potensi yang dimiliki oleh setiap individu, tetapi tanpa pola pengasuhan dan ketersediaan lingkungan yang mendukung, maka bakat tersebut tidak akan berkembang. Minimnya orang tua yang sadar akan pentingnya mendeteksi dan mengembangkan bakat anak, menjadikan Sekolah sebagai wadah yang tepat untuk menggali dan mengembangkan bakat anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pelaksanaan kegiatan intakurikuler dan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Negeri Purwareja Klampok Banjarnegara. Subjek penulisan adalah kepala sekolah, guru kelas, dan pembina kegiatan ekstrakurikuler. Objek penulisan adalah pelaksanaan pengembangan bakat siswa di MI Negeri Purwareja Klampok. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif, dari tahap sejak reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa MI Negeri Purwareja Klampok merupakan salah satu Madrasah Ibtidaiyah yang berhasil melaksanakan pengembangan bakat peserta didiknya. Keberhasilan ini dapat diraih karena adanya beberapa upaya dan langkah-langkah yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam mengembangkan bakat peserta didiknya. Kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler merupakan upaya yang dilakukan untuk mengembangkan bakat siswa di MI Negeri Purwareja Klampok. Kegiatan intrakurikuler ini berlangsung saat kegiatan belajar mengajar berlangsung dan bimbingan khusus ketika akan ada perlombaan mengenai bidang akademik. Sedangkan kegiatan intrakurikuler dilaksanakan diluar jam pelajaran. Ada 6 macam kegiatan ekstrakurikuler yaitu: Pramuka, Drumband, tek-tek, rebana, Tilawah/MTQ, dan Olahraga. Keberhasilan pengembangan bakat siswa ini dapat dilihat melalui berbagai kejuaraan yang telah diraihi oleh peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Namun masih ada beberapa faktor yang menjadi penghambat yaitu masih kurangnya dukungan dari orang tua peserta didik dalam mengembangkan bakat yang dimiliki anaknya. Oleh karena itu, hendaknya pihak sekolah dan orang tua lebih bekerja sama untuk mengembangkan bakat peserta didik agar pengembangan bakatnya dapat berkembang lebih maksimal. Kata kunci: Pengembangan Bakat Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Aug 2016 03:57
Last Modified: 11 Aug 2016 03:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/734

Actions (login required)

View Item View Item