PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS IV DI MI NEGERI KRANGEAN KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MUFLIKHATUR, RAHMI (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS IV DI MI NEGERI KRANGEAN KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Muflikhatur Rahmi_Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Kelas IV di MI Negeri Krangean Keca.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran tematik integrative adalah pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran kedalam berbagai tema. Pemaduan tersebut dilakukan dalam dua hal, yaitu integrasi sikap, ketrampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran danterpadu berbagai konsep dasar yang berkaitan. Pembelajaran tematik integrative memberikan pengalaman langsung kepada siswa dan memberikan pembelajaran menyeluruh dan tidak terpisah-pisan (parsial). Penelitianini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran tematik integrative kelas IV di MI Negeri Krangean Kecamatan KertaNegara Kabupaten PurbalinggaTahunPeajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untukmemperoleh informasidan data-data yang diperlukan dalam penelitian, maka penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara, observasidan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran tematik integratif kelas IV di MI Negeri Krangean dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan komponen dan karakteristiksertahal-hal yang terkait dengan pembelajaran tematik integratif. Adapun tahapan-tahapan pembelajaran tematik integratif di MI NegeriKrangeanyaitu a) perencanaanmeliputimencantumkanidentitas RPP, menyusuntujuanpembelajaran, mencantumkanmetodepembelajaran, menentukan media pembelajaran, menyusun langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan scientific dan merencanakan penilaian. b) pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. c) evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TEMATIK INTEGRATIF, MI NEGERI KRANGEAN, KECAMATAN KERTANEGARA, KABUPATEN PURBALINGGA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 10 Aug 2016 00:37
Last Modified: 10 Aug 2016 00:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/707

Actions (login required)

View Item View Item