STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KARANGTENGAH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

AWAL PRIHATIN WIDIYATININGSIH, 082334018 (2011) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KARANGTENGAH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
AWAL PRIHATIN WIDIYATININGSIH_STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KARANGTENGAH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

Permasalahan: Bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Karangtengah Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Karangtengah Kecamatan Kembaran Kabupaten Purbalingga. Ingin mengetahui proses pelaksanaan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas III, IV, V dan VI di SD Negeri Karangtengah Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri Karangtengah Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru bidang studi Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menganalisis data yang bersifat kualitatif dan disajikan dalam metode deskriptif analisis, yaitu dengan cara menggambarkan keadaan yang ada di lokasi penelitian sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, dengan menggunakan metode berfikir induktif dan berfikir deduktif. Hasil penelitian tentang strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Karangtengah Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas, menunjukan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam guru di SD Negeri Karangtengah Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas tidak lupa melakukan apersepsi untuk memudahkan peserta didik dalam menangkap dan menyerap materi. Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Karangtengah Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas dalam proses pembelajaran juga menggunakan strategi yang variatif dan mengikutsertakan peserta didik aktif di dalamnya. Strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam antara lain: reading guide, prediction guide, cardshort, group resume, questions student have, true or false, the power of two, team quiz, index card match, crossword puzzle, ceramah, role play. Faktor pendukung dan penghambatnya antara lain: 1). Faktor guru/pendidik 2). Faktor peserta didik 3). Faktor sarana dan fasilitas. Agar tercipta suasana yang kondusif dan dapat memajukan pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agmaa Islam hendaknya: sekolah melengkapi kebutuhan buku materi Pendidikan Agmaa Islam dalam jumlah besar sesuai jumlah peserta didik, sekolah juga menyediakan sarana ibadah yang memadai sehingga peserta didik terbiasa untuk melaksanakan shalat berjama`ah, sekolah menggunakan media gambar shalat. Guru-guru di SD Negeri Karangtengah Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas harus bisa menjadi figur/tokoh/model, karena peserta didik akan menghayati, menyadari dan mencontoh pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dengan baik jika guru memberi contoh dan model untuk dilihat dan ditiru. Guru di SD xiv Negeri Karangtengah Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas meningkatkan pemahaman tentang berbagai macam strategi pembelajaran agar strategi yang diterapkan dalam pembelajaran lebih bervariasi. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 08 Aug 2016 02:36
Last Modified: 08 Aug 2016 02:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item