PENERAPAN INSYA’ MUWAJJAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VII PONDOK PESANTREN AT-TAUJIEH AL-ISLAMY 2 KEBASEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

Saputra, Dhimas Sena Eka (2019) PENERAPAN INSYA’ MUWAJJAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VII PONDOK PESANTREN AT-TAUJIEH AL-ISLAMY 2 KEBASEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DHIMAS SENA EKA SAPUTRA_PENERAPAN INSYA’ MUWAJJAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA KEL2.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Penerapan insya’ muwajjah dalam pembelajaran bahasa Arab salah satu metode yang diterapkan di Pondok Pesantren At-Taujieh Al-Islamy 2 Kebasen Banyumas. Penerapan ini dimaksudkan sebagai cara yang dipakai oleh ustadz untuk mengajarkan kemampuan mengarang santri secara terbimbing, dengan cara santri dibimbing dalam proses pembelajaran melalui buku ajar yaitu al-arabiyah linnasyi’in dan media lainnya. Dalam penerapan ini ustadz bertindak langsung sebagai pendamping atau moderator dengan tujuan agar para santri menjadi aktif dalam menulis, menghafal kosakata dan pelafadzan kosakata yang benar sesuai dengan kaidah bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren At-Taujieh Al-Islamy 2 Kebasen Banyumas. subjek penelitian adalah Ustadz bahasa Arab dan santri Pondok Pesantren At-Taujieh Al-Islamy 2 Kebasen Banyumas. Objek penelitiannya ialah penerapan insya’ muwajjah dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan bagaimana Penerapan Insya’ Muwajjah dalam pembelajaran bahasa Arab bagi Siswa kelas VII Pondok Pesantren At-Taujieh Al-Islamy 2 Kebasen Banyumas. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan insya’ muwajjah dalam pembelajaran bahasa Arab ialah cara ustadz dalam menerapkan materi pembelajaran mengarang bahasa Arab secara terbimbing dengan langkah-langkah (1) memperbanyak hafalan kosakata terutama pada kata benda di sekitar, (2) sebelum masuk ke maharah kitabah, santri sesering mungkin praktek membuat jumlah mufidah, (3) membiasakan diri untuk menulis sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan keseharian di Pondok walaupun sedikit, (4) ustadz menargetkan santri agar membiasakan menulis kalimat sederhana seminggu sekali, ustadz menerapkan metode insya’ muwajjah dengan jenis mengubah/ mengganti unsur kalimat (al-tabdil), menyusun kata-kata menjadi kalimat utuh (al-tartib), menjawab pertanyaan tentang materi (al-ijabah), eksposisi sederhana (عر ض بسيط), narasi/cerita (قصة), dan deskripsi (وصف). Dalam penggunaan jenis-jenis insya’ muwajjah tersebut ustadz menyesuaikan serta mencocokan dengan materi yang akan disampaikan sekiranya dapat diterapkan atau tidak. Secara umum metode pembelajaran ini terbagi menjadi tiga tahap, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup untuk kitab yang digunakan dalam penerapan insya’ muwajjah dalam pembelajaran bahasa Arab ialah kitab al-arabiyyah linnasyi’in jilid 1 karangan dari Dr. Mahmud Ismail.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Insya’ Muwajjah, Pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.13 Gramatika (Maani, Majaz, Amsal)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 09 Dec 2019 01:58
Last Modified: 09 Dec 2019 01:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6754

Actions (login required)

View Item View Item