IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI MA’ARIF NU SANGUWATANG KECAMATAN KARANG JAMBU KABUPATEN PURBALINGGA

Wahdiyatul, Mukaromah (2019) IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI MA’ARIF NU SANGUWATANG KECAMATAN KARANG JAMBU KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
WAHDIYATUL MUKAROMAH_IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI MA.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Dalam proses pembelajaran guru dan siswa terkadang mempunyai hambatan, salah satunya yaitu dalam pembelajaran yang sedang berlangsung siswa kurang memperhatikan apa yang disampaikan pleh guru dan siswa terkadang jenuh dengan pembelajajaran yang monoton, dalam artian guru belum bisa membuat siswa antusias dan aktif dalam pembelajarannya. Hal ini guru harus memberikan pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya, maka dari itu seorang guru perlu memberikan metode pembelajaran agar siswa lebih antusias dan aktif dalam pembelajaran. Rumusan penelitian ini adalah implementasi metode role playing dalam pembelajaran tematik kelas V di MI Ma’arif NU Sanguwatang Tahun Ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode role playing dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 kelas V di MI Ma’arif NU Sanguwatang kecamatan Karang jambu kabupaten Purbalingga. Manfaat penelitian ini adalah dapat memberi masukan atau informasi (referensi) dan bahan pertimbangan dalam proses kegiatan belajar mengajar khususnya dalam mata pelajaran tematik Kurikulum 2013 untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan berupa deskriptif kualitatif yang hanya menggambarkan apa adamya tentang implementasi metode Role Playing dalam pembelajaran tematik kelas V di MI Ma’arif NU Sanguwatang. Subjek penelitiannya adalah Kepala Madrasah, Guru dan Siswa kelas V. tekhnik pengumpulan data berupa Observasi terus terang, Wawancara terstruktur dan Dokumentasi. Proses analisis dimulai dengan menelaah semua hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data penulis menggunakan tiga tahap yaitu pertama reduksi data, berupa mengelompokkan data-data dalam penelitian. Kedua penyajian data dan terahir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa implementasi metode role playing dalam pembelajaran tematik kelas V di MI Ma’arif NU Sanguwatang benar-benar di terapkan dan langkah-langkah pembelajarannya sesuai dengan teori yang penulis kemukakan. Dalam penerapan metode role playing ini, siswa menjadi aktif, antusias pada saat metode akan di terapkan dan percaya diri di depan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Role Playing, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 02 Dec 2019 03:28
Last Modified: 02 Dec 2019 03:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6675

Actions (login required)

View Item View Item