PEMBELAJARAN QIROATUL KUTUB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURBALINGGA AliefTandumPrayugo NIM. 1522402088

AliefTandumPrayugo, 1522402088 (2019) PEMBELAJARAN QIROATUL KUTUB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURBALINGGA AliefTandumPrayugo NIM. 1522402088. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ALIEF TANDUM PRAYUGO_PEMBELAJARAN QIROATUL KUTUB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaranQiroatulkutubmerupakanmatapelajaran yang ada di pondokpesantrenpadaumumnya.Namun, tidakpada Madrasah AliyahNegeriPurbalingga, matapelajaranqiroatulkutubdijadikanmatapelajaranwajibbagipesertadidik, baik di jurusan IPA, IPS, dan Agama.Denganadanyapembelajaranqiroatulkutubdi semuajurusan, akanberdampakpadapesertadidik yang tidaktinggaldipondokpesantren, bagipesertadidik yang tidaktinggal di pondokpesantrenqiroatulkutubakanmenjadipelajaran yang menyusahkan, berbandingterbalikbagimereka yang tinggal di pondokpesantren, matapelajaranqiroatulkutubakanmenjadimatapelajaran yang mudah, halitu di sebabkankarenapesertadidik yang tinggal di pondokpesantrenqiroatulkutubsudahmenjadimatapelajarankeseharianmereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran qiroatulkutubdi Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga. Madrasah dalam pembelajaran qiroatul kutub menggunakan metode ceramah, bandongan, diskusi kelompok, Tamyiz. Berbagai macam metode pembelajaran qiroatul kutub di madrasah aliyah negeri purbalingga dapat bisa diikuti dengan baik oleh peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan mengambil latar belakang Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, WAKA Kurikulum, guru mapelqiroatulkutub. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan teknik analisis data. Karena objeknya tentang pendidikan, maka subjek yang digunakan adalah orang yang memiliki data dan informasi yang akurat. Hasil pembelajaran qiroatul kutub di Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga menunjukan bahwa dalam penyampaian pembelajaran guru menggunakan berbagai macam metode dan strategi pembelajaran, dan bagi peserta didik hal itu tidak menjadi permasalahan, peserta didik lebih antusias dalam mengikuti setiap materi yang diberikan oleh guru. Bagi peserta didik yang mulanya tidak senang dengan pelajaran qiroatul kutub kemudian bisa menjadikan mata pelajaran qiroatul kutub sebagai pelajaran yang sealalu dinanti-nantikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran QiroatulKutub, MadrasahAliyahNegeriPurbalingga, Pesertadidik.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Nov 2019 02:07
Last Modified: 08 Nov 2019 02:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6436

Actions (login required)

View Item View Item