PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI ANAK USIA DINI DI TK PUTRA HARAPAN BANTARSOKA PURWOKERTO

Azzahroh, Fatimah (2019) PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI ANAK USIA DINI DI TK PUTRA HARAPAN BANTARSOKA PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SKRIPSI FULL FATIMAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Pendidikan Inklusi merupakan salah satu bentuk pendidikan yang mengikutsertakan anak berkebutuhan khusus untuk belajar bersama dengan anak pada umumnya. Pada dasarnya semua anak mempunyai hak sama dalam hal memperoleh pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pelaksanaan pendidikan inklusi anak usia dini di TK Putra Harapan Bantarsoka Purwokerto?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pendidikan inklusi di TK Putra Harapan Bantarsoka Purwokerto dalam beberapa kegiatan. Penelitan ini merupakan penelitian lapangan (field reseacrh) dengan pendekatan kualititaf di TK Putra Harapan Bantarsoka Purwokerto Kabupaten Banyumas. Objek penelitiannya yaitu pelakasanaan pendidikan inklusi anak usia dini. Subjek penelitian yaitu peserta didik, kepala sekolah, dan guru TK Aisyiyah Karanglewas Kidul. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawacara dan dokumentasi. Metode observasi dengan mengamati pelaksanaan pendidikan inklusi, metode wawancara untuk mengetahui informasi yang lebih mendalam tentang pelaksanaan pendidikan inklusi di TK Putra Harapan Purwokerto, dan metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian. Analisis datanya meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan di TK Putra Harapan mempunyai beberapa kegiatan yaitu: Pertama, pelaksanaan pendidikan inklusi dalam pembelajaran menggunakan model pullout yaitu siswa ABK belajar bersama dengan siswa reguler namun sewaktu-waktu dipindahkan ke kelas inklusi untuk mendapatkan pembelajaran khusus oleh GPK. Kedua, pelaksanaan pendidikan inklusi dalam kegiatan parenting berupa konsultasi yang dilakukan dengan mempertemukan orangtua dengan salah satu konsultan dari luar sekolah. Kegiatan ini biasaya dilakukan selama dua kali salam satu tahun. Ketiga, pelaksanaan pendidikan inklusi dalam strategi membantu siswa ABK diadakannya terapi wicara dan deteksi anak usia dini. Terapi wicara dilakukan dua kali dalam seminggu dan melakukan kerjasama dengan terapis dari salah satu rumah sakit di Purwokerto. Sedangkan deteksi dini dilakukan sebelum siswa memasuki sekolah TK Putra Harapan Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusi, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 05 Nov 2019 23:59
Last Modified: 05 Nov 2019 23:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6385

Actions (login required)

View Item View Item