Nurdika, Shora Ayu (2019) PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 1 PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
SHORA AYU NURDIKA_PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMA.pdf Download (753kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis menjadi salah satu komponen penting yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Salah satu pendukung kemampuan komunikasi matematis siswa menjadi baik diperlukan adanya sikap positif terhadap matematika seperti sikap kritis, cermat, objektif, terbuka, menghargai keindahan matematika, rasa ingin tahu, dan berpikir fleksibel dalam melaksanakan berbagai kegiatan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 338 siswa. Sampel penelitian sebanyak 190 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling.Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket, tes dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis penelitian adalah analisis regresi linier sederhana dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini terlihat pada koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,169, yang artinya pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 16,9%. Persamaan regresi linier sederhana yang terbentuk yaitu Y=1,247+0,2X, jadi apabila disposisi matematis siswa (X) meningkat satu poin maka kemampuan komunikasi matematis (Y) akan bertambah 0,2.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disposisi, komunikasi, matematis |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 04 Nov 2019 08:36 |
Last Modified: | 04 Nov 2019 08:36 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6371 |
Actions (login required)
View Item |