Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Pengunjung Objek Wisata Kebun Teh Kaligua Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes

Halida, Faraz Sukma (2019) Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Pengunjung Objek Wisata Kebun Teh Kaligua Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FARAZ SUKMA HALIDA_ANALISIS STRATEGI MENINGKATKAN KEPUASAN P.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Kepuasan pengunjung adalah kunci keberhasilan dari sebuah perusahaan atau suatu usaha. Dengan memuaskan pengunjung, perusahaan dapat menaikkan tingkat keuntungannya dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas. Ada beberapa data jumlah pengunjung objek wisata di Kabupaten Brebes pada tahun 2018, antara lain objek wisata Kebun Teh Kaligua mencapai 120.549 orang, objek wisata Waduk Penjalin mencapai 8.898 orang dan objek wisata Pemandian Air Panas Tirta Husada mencapai 10.536 orang. Dari data tersebut, menunjukkan bahwa objek wisata Kebun Teh Kaligua sangat diminati oleh wisatawan. Menurut Philips Kotler, Kepuasan adalah rasa senang atau kecewa seseorang ketika mereka membandingkan antara kinerja (hasil) yang diperoleh dengan ekspetasi (harapan) mereka. Dalam penelitian ini, masalah yang dikemukakan antara lain Strategi apa saja yang digunakan untuk membentuk kepuasan pengunjung yang berkelanjutan dianalisis dengan analisis SWOT? Penelitian ini dilakukan di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Diperlukan strategi usaha yang baik guna menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompleks dan kompetitif. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan wawancara kemudian dianalisis dengan SWOT. Jenis data terdiri dari data primer dan skunder. Hasil penelitian dari metodologi deskriptif analisis SWOT dapat diperoleh nilai matriks dari faktor internal 3,5 dan nilai matriks dari faktor eksternal 3,45. Objek wisata Kebun Teh Kaligua berada di kuadran dua yaitu suatu kuadran yang menghadapi berbagai ancaman, perusahaan ini masih memiliki kekuatan dari segi internal. Strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara strategi diversifikasi (produk/pasar).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebun Teh Kaligua, Analisis SWOT dan Strategi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 30 Oct 2019 07:25
Last Modified: 30 Oct 2019 07:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6314

Actions (login required)

View Item View Item