Afifah, Nur Istiqomah (2019) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN YAYASAN NIDAUL ISHLAH DALAM PENETAPAN KURIKULUM PENDIDIKAN BAGI SISWA SD ISLAM TERPADU (SDIT) MUTIARA HATI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
AFIFAH NUR ISTIQOMAH_IMPLEMENTASI KEBIJAKAN YAYASAN NIDAUL ISHLAH DALAM PENETAPAN KURIKULUM PENDI.pdf Download (790kB) | Preview |
|
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap dalam implementasi kebijakan yayasan Nidaul Ishlah yang berkaitan dengan hal penetapan kurikulum pendidikan bagi siswa SDIT Mutiara Hati Purwokerto. Mengingat bahwa setiap lembaga pendidikan formal di Indonesia memiliki kebijakan beragam versi dan tidak semuanya sama. Kebijakan dalam hal penetapan kurikulum siswa yang dapat diartikan sebagai program yang menjadi kebutuhan vital yang di dalamnya memuat sejumlah materi atau bahan ajar yang harus ditempuh dan dipelajari oleh siswa untuk memperoleh sejumlah pengetahuan dan sebagai salah satu upaya penentu keberhasilan dalam proses pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif dan jenis datanya adalah kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Yayasan Nidaul Ishlah Banyumas dan SDIT Mutiara Hati sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yayasan. Subjek penelitian adalah Ketua Yayasan Nidaul Ishlah, Ketua Lajnah Pendidikan dan Pembelajaran (LPP), Kepala SDIT Mutiara Hati Purwokerto, Kepala Tahfidzul Qur’an, Kepala Biah Islamiyyah, Guru, dan Siswa. Objek penelitian adalah implementasi kebijakan yayasan Nidaul Ishlah dalam penetapan kurikulum pendidikan bagi siswa SDIT Mutiara Hati Purwokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Yayasan Nidaul Ishlah dalam penetapan kurikulum pendidikan bagi siswa SDIT Mutiara Hati Purwokerto terbagi menjadi lima tahap yakni pertama tahap sosialisasi dan uji coba yang di dalamnya memuat kegiatan manajemen yakni perencanaan dan pengorganisasian. Kedua tahap validasi atau perbaikan dan penyempurnaan kebijakan. Ketiga tahap implementasi penuh secara keseluruhan dilanjutkan tahap keempat dan kelima yakni monitoring dan evaluasi kebijakan dengan setiap tahapannya mengedepankan nilai humanisme dan religiusitas yang tinggi untuk target pencapaian keberhasilan program kebijakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kebijakan, Kurikulum, SDIT Mutiara Hati Purwokerto |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 08:49 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 08:49 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6234 |
Actions (login required)
View Item |