METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF KARANGTURI KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HIDAYATUN NIKMAH, NIM. 082334051 (2011) METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF KARANGTURI KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
HIDAYATUN NIKMAH_METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF KARANGTURI KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2010-2011.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Fiqih merupakan bagian integral dari pendidikan agama, memang bukan satu-satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik, tetapi memiliki pengaruh yang cukup besar pada watak dan perilaku peserta didik. Mata pelajaran Fiqih memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktekkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Apabila kita perhatikan dalam proses perkembangan pendidikan agama Islam di Indonesia bahwa salah satu hambatan yang menonjol dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam ialah masalah metode mengajarkan agama pada perguruan umum. Meskipun bahwa metode tidaklah mempunyai arti apa-apa jika dipandang terpisah dari komponen lain. Metode hanya penting dalam hubungannya dengan segenap komponen lainnya seperti tujuan, situasi, dan lain-lain (Abu Ahmadi, 1986: 102). Proses belajar-mengajar akan berjalan dengan baik kalau metode yang digunakan betul-betul tepat, karena antara pendidikan dengan metode saling berkaitan. Untuk dapat menyampaikan pelajaran dengan baik agar siswa lebih mudah memahami pelajaran, seorang guru selain harus menguasai materi, guru juga dituntut untuk dapat terampil dalam memilih dan menggunakan metode mengajar yang tepat untuk situasi dan kondisi yang dihadapinya. Seorang guru sangat dituntut untuk dapat memiliki pengertian secara umum mengenai sifat berbagai metode, baik mengenai kebaikan metode maupun mengenai kelemahan-kelemahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah metode pembelajaran Fiqih yang digunakan oleh guru mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Karangturi Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2010/2011. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis mengambil subjek yaitu guru mata pelajaran Fiqih. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menganalisa. Data yang terkumpul penulis analisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif untuk mendapatkan sebuah kesimpulan. Metode pembelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Karangturi Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas menggunakan metode bermacammacam disesuaikan dengan materi, metode yang digunakan dalam pembelajaran Fiqih antara lain: metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode demonstrasi, dan metode resitasi. Metode yang digunakan ix 142 dalam pembelajaran Fiqih mengacu pada ruang lingkup materi yang ada pada masing-masing kelas dan disesuaikan dengan kondisi siswa. Langkah-langkah dalam menerapkan metode dalam pembelajaran Fiqih sudah dilakukan dengan tepat dan baik. Dimana dalam menerapkan metode dalam kegiatan pembelajaran Fiqih guru sudah menerapkan langkahlangkah penggunaan metode yang sesuai dengan konsep atau teori yang ada, disamping guru juga memperhatikan fungsi dan tujuan dari pembelajaran Fiqih. Kata kunci : metode dan pembelajaran fiqih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 02 Aug 2016 01:37
Last Modified: 02 Aug 2016 01:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item