PENANAMAN PERILAKU KEBERAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK MELALUI MADRASAH DINIYAH DI DESA SIWARAK KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA

Saryono, Saryono (2019) PENANAMAN PERILAKU KEBERAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK MELALUI MADRASAH DINIYAH DI DESA SIWARAK KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (729kB) | Preview
[img] Text
SARYONO_PENANAMAN PERILAKU KEBERAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK MELALUI MADRASAH DINIYAH DI DESA SIWAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manusia adalah makhluk yang senantiasa terlibat proses pendidikan, baik yang dilakukan terhadap orang lain maupun terhadap dirinya sendiri. Keterlibatan seluruh komunitas madrasah diniyah dalam setiap kegiatan, sekecil apapun akan sangat berarti, karena keunggulan suatu lembaga tidak ditentukan oleh besar kecilnya dana yang tersedia, tetapi lebih pada komitmen dan dedikasi seluruh komponen lembaga pendidik dalam memajukannya. Madrasah Diniah, diharapkan akan melahirkan suatu budaya yang kuat dan bermutu dan diharapkan eksis sebagai upaya membina akhlak atau perilaku keberagamaan peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penanaman perilaku keberagaman pada peserta didik melalui madrasah diniyah dan mengetahui bagaimana dambak dari penanaman perilaku keberagaman pada peserta didik melalui madrasah diniyah di Desa Siwarak Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan studi kasus yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lapangan atau lokasi penelitian, suatu tempat yang dipilih sebagai lokasi untuk menyelidiki gejala obyektif yang terjadi di lokasi tersebut. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: Sistem penanaman perilaku keberagamaan pada peserta didik melalui madrasah diniyah melalui beberapa sistem diantaranya: Penanaman Akidah dan Pembiasaan Ibadah serta strategi Penanaman Perilaku Keberagamaan Pada Peserta Didik Melalui Madrasah Diniyah di Desa Siwarak Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga melalui metode keteladanan, metode nasihat, metode hukuman dan metode kebiasaan. Kemudian Evaluasi Penanaman Perilaku Keberagaman Pada Peserta Didik Melalui Madrasah Diniyah di Desa Siwarak Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Evaluasi yang dilakukan dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada peserta didik adalah dengan penilaian tes, pelaksanaan tes tertulis dapat dibedakan menjadi dua, yaitu: a) Bentuk penilaian uraian (subjective test) b) Bentuk penilaian objective test.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Perilaku Keberagamaan, Madrasah Diniyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 27 Jul 2019 02:51
Last Modified: 27 Jul 2019 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5668

Actions (login required)

View Item View Item