PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VB MI DARWATA GLEMPANG MAOS CILACAP

USWATUN KHASANAH, 1522405079 (2019) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VB MI DARWATA GLEMPANG MAOS CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
USWATUN KHASANAU_PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran tematik di kelas VB MI Darwata Glempang Maos Cilacap”. Adapun latar belakang dalam penelitian ini adalah berangkat dari kurangnya antusiasme siswa dalam proses pembelajaran dikarenakan munculnya rasa kebosanan terhadap pembelajaran yang selalu berlangsung di dalam kelas sehingga materi menjadi sulit dipahami. Dengan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran tematik, diharapkan dapat meningkatkan antusiasme siswa dan menghilangkan rasa bosan pada saat proses pembelajaran sehingga materi dapat dipahami dengan mudah. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data peneliti menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data yaitu dengan cara menguji validitas data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis menurut Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, adapun pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran tematik di kelas VB MI Darwata Glempang Maos Cilacap dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pasca kegiatan lapangan. Ketiga tahapan tersebut dilakukan guna mempermudah proses pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran tematik.Lingkungan yang dimanfaatkan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran tematik di kelas VB MI Darwata Glempang Maos Cilacap yaitu berupa halaman madrasah, penjual dan penjahit di sekitar madrasah dan warga madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan, Sumber Belajar, Pembelajaran Tematik.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 18 Jul 2019 04:09
Last Modified: 18 Jul 2019 04:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5502

Actions (login required)

View Item View Item