STRATEGI PEMBINAAN PENGGUNAAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN BAGI SISWA DI MA AL-BAROKAH KARANGGAYAM KEBUMEN

ALIP INTAN SETYO SUMBARJO, NIM. 1323303033 (2019) STRATEGI PEMBINAAN PENGGUNAAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN BAGI SISWA DI MA AL-BAROKAH KARANGGAYAM KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ALIP INTAN SETYO_STRATEGI PEMBINAAN PENGGUNAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan sekolah memerlukan dukungan sarana dan prasarana pembelajaran. Dimana sarana dan prasarana pembelajaran merupakan aspek yang sangat penting bagi guru dalam mempermudah penyampayan materi kepada siswa dalam proses pembelajaran berlangsung di sekolah. Oleh karena itu guru harus mampu menggunakan sarana dan prasarana pembelajaran secara efektif dan efesien. Untuk mewujudkan hal itu perlu adanya pembinaan terhadap guru dalam menggunakan sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran bagi siswa di MA Al-Barokah Karanggayam Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field researtch) dengan jenis penelitian deskritif,sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka sarana dan prasarana dan guru. Objek penelitian ini adalah pembinaan yang di lakukan oleh kepala sekolah terhadap guru dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran bagi siswa yang meliputi, pengumpulan informasi, mengidentifikasi masalah, menganalisis masalah, mencari dan menetapkan alternative pemecahan masalah dan upaya pelaksanaan pemecahan masalah. Metode pengumpulan data diperoleh dari metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian pembinaan penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran bagi siswa di MA Al-Barokah Karanggayam Kebumen, kepala sekolah melakukan prosedur pembinaan yang meliputi: (a)Pengumpulan informasi tentang penggunaan sarana dan prasarana dengan melihat secara langsung, wawancara terhadap guru, dan kuisioner (b)Mengidentifikasi masalah tentang penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran (c)Menganalisis terhadap penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran (d)Mencari dan menetapkan alternative pemecahan masalah dalam menggunakan sarana dan prasarana pembelajaran (e)Upaya pelaksanaan pemecahan masalah dalam menggunakan sarana dan prasarana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Penggunaan, sarana dan prasarana pembelajaran.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 11 Mar 2019 01:46
Last Modified: 11 Mar 2019 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5379

Actions (login required)

View Item View Item