STRATEGI PEMBELAJARAN QIRA’AH KELAS VIII DI MTs MA’ARIF NU 1 SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

SURAIYA DOLOH, NIM :1423302080 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN QIRA’AH KELAS VIII DI MTs MA’ARIF NU 1 SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (906kB) | Preview
[img] Text
SURAIYA DOLOH_STRATEGI PEMBELAJARAN QIRA’AH KELAS VIII DI MT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah di MTs Ma’arif NU 1 Sumbang Kabupaten Banyumas terdapat yang bervariasi diantaranya siswa belum lancar membaca dan belum bisa membaca tulisan Arab. Setiap kelas VIII mengadakan pelajaran TPQ, siswa juga merasakan bahasa Arab adalah bahasa yang sulit sehingga motivasi untuk mempelajarinya sangat rendah. Oleh karena itu, dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab,guru harus memperhatikan kemampuan masing-masing siswa dan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Rumusan masalah yang dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Qira’ah kelas VIII di MTs Ma’arif NU 1 Sumbang Kabupaten Banyumas?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran qira’ah di MTs Ma’arif NU 1 Sumbang kabupaten Banyumas. Strategi dalam pembelajaran Bahasa Arab antara lain membaca keras, membaca dalam hati, dan metode yang menerapkan di MTs Ma’arif NU 1 Sumbang Kabupaten banyumas antara lain metode harfiyyah, metode shauthiyah, metode suku kata, metode kata, metode kalimat, dan metode gabungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ma’arif NU 1 Sumbang Kabupaten Banyumas. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Arab melalui startegi pembelajaran qira’ah dan siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU 1 Sumbang Kabupaten Banyumas. Objek penelitian ini adalah proses kegiatan pembelajaran Bahasa Arab yang terdiri atas aktivitas verbal dan non-verbal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survie dan wawancara. Instrumen pengumpulan data terdiri atas pertanyaan dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data manual. Tahap analisis data tersebut mencakup data reduction, dan data dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran Qira’ah yang diterapkan oleh MTs Ma’arif NU 1 Sumbang Kabupaten Banyumas dengan penerapan strategi pembelajaran berdasarkan yaitu tujuan qira’ah adalah mempermudahkan agar siswa itu cepat dalam membaca, karena dengan sering membaca dapat membiasakan siswa dalam mengenal huruf dan cara mengucap makharijul huruf pembacaannya, walaupun masih ada kelemahannya bagi metode ini yaitu masih ada siswa yang belum dapat membaca al-qur’an, itu adalah hal yang pasti. Tetapi tujuan kami adalah supaya siswa dapat membaca bahasa Arab dengan baik dan benar secara berulang-ulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bahasa Arab, strategi pembelajaran Qira’ah,
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 26 Feb 2019 00:29
Last Modified: 26 Feb 2019 00:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5376

Actions (login required)

View Item View Item