PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DAN SOLUSINYA DI SD NEGERI 01 KARANGGINTUNG KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HANIF SARIFAH, NIM 1423305149 (2019) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DAN SOLUSINYA DI SD NEGERI 01 KARANGGINTUNG KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
HANIF SARIFAH_PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TEMATIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh IPS sebagai muatan pelajaran pada jenjang pendidikan dasar yang memiliki ciri khas terpadu (integrated) dari sejumlah muatan pelajaran dengan tujuan agar muatan pelajaran ini lebih bermakna bagi siswa sehingga pengorganisasian materi atau bahan pelajaran disesuaikan dengan lingkungan. Namun dalam rangka pencapaian tujuan tersebut tidak pernah lepas dari kendala atau hambatan karena kegiatan belajar mengajar selalu ada hambatan atau kendala. Salah satunya adalah hambatan atau kendala yang ditemui dalam pembelajaran tematik terpadu kelas V di SD Negeri 01 Karanggintung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Karanggintung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran tematik terpadu Kelas V di SD Negeri 01 Karanggintung antara lain materi pembelajaran tematik terpadu yang dangkal, alokasi waktu yang terbatas, media dan metode yang digunakan kurang bervariasi, kurangnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran tematik terpadu. Adapun solusi yang dilakukan oleh guru antara lain memberikan materi dari sumber lain, menambah buku referensi, dan memotivasi siswa untuk gemar membaca, memberikan jam tambahan jika materi yang disampaikan belum selesai, memilih media dan metode yang disesuaikan dengan materi yang akan dipelajari, dan guru mengikuti penataran dalam berbagai bidang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran Tematik Terpadu
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 06 Mar 2019 01:47
Last Modified: 06 Mar 2019 01:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5271

Actions (login required)

View Item View Item