PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI BA AISYIYAH CABANG BOBOTSARI

WAHYUNINGSIH, NIM. 1423311071 (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI BA AISYIYAH CABANG BOBOTSARI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
WAHYUNINGSIH_PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK US.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)

Abstract

Aspek perkembangan sosial emosional merupakan salah satu aspek perkembangan anak yang harus dioptimalkan. Dimana aspek ini, akan menentukan sikap dan perilaku anak saat kelak menjadi dewasa. Dan salah satu cara supaya perkembangan aspek sosial emosional anak dapat dikembangkan maka, diperlukan metode pembelajaran yang cocok digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif atau metode pembelajaran kelompok kecil. Penelitian ini dilakukan di Bustanul Athfal (BA) Aisyiyah Cabang Bobotsari. Penelitian dengan judul “Penerapan Pembelajaran Kooperatif dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Cabang Bobotsari”, memiliki rumusan masalah bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan aspek sosial emosional anak usia dini di BA Aisyiyah Cabang Bobotsari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai penerapan pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan aspek sosial emosional anak usia dini di BA Aisyiyah Cabang Bobotsari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi dari hasil penelitian yang dilakukan di BA Aisyiyah Cabang Bobotsari. Data akan dianalisa teknik analisis data Miles dan Huberman dengan cara reduction (mereduksi data), display (penyajian data), dan conclusion drawing/ verification (penarikan kesimpulan). Landasan teori yang digunakan adalah konsep pembelajaran kooperatif, konsep anak usia dini, dan aspek perkembangan sosial emosional anak usia dini. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif sudah berhasil dalam mengembangkan aspek sosial emosional anak usia dini di BA Aisyiyah Cabang Bobotsari. Dimana jenis pembelajaran kooperatif yang digunakan adalah dengan metode bertukar pasangan. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian aspek-aspek perkembangan sosial emosional anak usia dini yang terdiri dari kesadaran diri, rasa tanggungjawab diri sendiri dan orang lain, dan perilaku prososial anak sudah tercapai sesuai dengan tahapan usianya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, anak usia dini, aspek perkembangan sosial emosional anak usia dini
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 26 Feb 2019 00:23
Last Modified: 26 Feb 2019 00:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5218

Actions (login required)

View Item View Item