STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PRODUK BATIK (Studi Pada Home Industri Batik HZ Sokaraja Tengah Kabupaten Banyumas)

NURIYAH FATKHUL JANNAH, NIM. 1423203064 (2019) STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PRODUK BATIK (Studi Pada Home Industri Batik HZ Sokaraja Tengah Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (870kB) | Preview
[img] Text
NURIYAH FATKHUL JANNAH_STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PRODUK .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang perlu mendapat pemecahan adalah masih adanya dominasi kualitas tertentu terhadap batik tulis menjadi media produk tradisonal, sehingga perlunya pengakuan yang tulus dan penuh kesungguhan supaya dampak punahnya karya bangsa terjamin dan juga termasuk menjamin kesejahteraan bagi pekerjanya. Dua persepsi antara kualitas karya dan terjaminnya kesejahteraan menjadi topik dalam karya ini. Kajian tentang kualitas produk batik adalah faktor utama yang penting bagi setiap kegiatan masyarakat dan juga pemerintahan karena hampir tidak ada kreasi warga dan juga pemerintahan yang tidak membutuhkan keterpaduan biaya. Diakuinya makin besar jumlah dana yang tersedia, makin banyak pula kemungkinan pekerjaan atau kegiatan yang dapat dilakukan. Dengan kata lain, untuk menciptakan suatu kreatifitas untuk menjamin mutu yang dinamis dan baik guna menyelenggarakan urusan rumah tangga mutlak diperlukan dana/ uang yang cukup. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif. Argumen dasar pemilihan penelitian kualitatif adalah peneliti ingin menghindari manipulasi data oleh informan penelitian. Disamping itu kajian terhadap strategi tidak sampai pada mengukur tingkat efektivitas karena ukuran efektivitas organisasi public berbeda. Strategi peningkatan kualitas produksi home industri Batik HZ Sokaraja Tengah yaitu bahwa kualitas produk erat sekali dengan peningkatan kualitas warna, kualitas batik yang bagus apabila kualitas warnanya kuat, tidak mudah luntur dan tidak mudah pudar, dan selalu mencari corak dan inovasi yang cerdas mengikuti trend masyarakat yang cepat berubah dan cepat bosan. Kualitas dari produk Batik hasil dari home industri Batik HZ tidak diragukan karena warnanya yang tidak mudah luntur, banyak kombinasi warna yang bagus, dan banyak pilihan motif. Dalam peningkatan kualitas produk Batik di home industri batik HZ berfokus pada warna dan kemudian motif. Disinilah harus pas takaran mengkobinasikan warna satu dengan yang lain agar menghasilkan warna lebih banyak yang belum ada di bahan baku pewarna. Oleh karena itu perlu ditingkatkan lagi produk dan lebih luas pemasaranya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Peningkatan Kualitas Produk, produksi rumahan, UMKM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Manajemen Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 20 Feb 2019 00:23
Last Modified: 20 Feb 2019 00:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5089

Actions (login required)

View Item View Item