UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI TK PERTIWI KEBARONGAN

Siti Nurbaity, NIM. 1423311066 (2018) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI TK PERTIWI KEBARONGAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
Siti Nurbaity_UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tercapainya tujuan pendidikan nasional akan sangat ditentukan oleh kemampuan dan kecakapan guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran. Dilihat dari kondisi real Guru TK Pertiwi Kebarongan dalam tingkat profesionalitasnya masih pada tahap rendah dan sangat membutuhkan bimbingan dan arahan dari pemimpinnya (dalam hal ini yaitu Kepala Sekolah). Oleh karena itu, kepala sekolah harus melakukan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di TK Pertiwi Kebarongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang berlokasi di TK Pertiwi Kebarongan. Subyek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah TK Pertiwi Kebarongan, sedangkan informannya yaitu guru TK Pertiwi Kebarongan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis interaktif, sedangkan tahapan yang ditempuh yaitu pengumpulan data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kepala sekolah TK Pertiwi Kebarongan telah melakukan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru. Diantara upaya tersebut yang pertama yaitu dengan melakukan pembinaan disiplin dalam rangka mengembangkan keprofesionalan guru secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Yang kedua yaitu dengan membuat perpustakaan guru dalam rangka menguasai pola pikir keilmuan dan konsep yang mendukung bidang pengembangan PAUD. Yang ketiga yaitu dengan mengikutkan guru ke acara pelatihan atau workshop dalam rangka guru memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi secara kreatif. Yang keempat yaitu dengan melakukan supervisi secara langsung pada guru dalam rangka menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar PAUD. Yang kelima yaitu dengan mempelajari video atau artikel di internet dalam rangka memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:58
Last Modified: 11 Feb 2019 02:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5067

Actions (login required)

View Item View Item