KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK (SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN) NU 2 KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

ZAHROH HANIFATUL MILLAH, NIM. 1423301257 (2018) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK (SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN) NU 2 KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text
ZAHROH HANIFATUL MILLAH_KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam merupakan kemampuan dalam menguasai pengetahuan bidang ilmu agama yang sekurang-kurangnya meliputi penguasaan : materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai dengan standar isi program satuan pendidikan mata pelajaran, dan kelompok mata pelajaran yang akan diampu, yang relevan secara konseptual menaungi atau koheren dengan program satuan pendidikan, mata pelajaran, dan kelompok mata pelajaran pendidikan agama Islam. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam di SMK Ma’arif NU 2 Karanglewas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Penelitian ini yang menjadi sumber informasi adalah Kepala Sekolah, peserta didik dan guru pendidikan Agama Islam. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan penelitian ini antara lain : (1) Metode observasi ini digunakan untuk memperoleh data-data tentang kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam, (2) Metode wawancara digunakan untuk mencari data tentang guru profesional dengan mengetahui terkait persiapan guru pendidikan agama Islam sebelum mengajar di kelas dan sesudah mengajar dan proses pembelajaran kepada sisw, (3) Metode dokumentasi digunakan untuk memperoloeh data tentang gambaran SMK Ma’arif NU 2 Karanglewas seperti sejarah singkat, visi, misi, tujuan, struktur organisasi, keadaan guru dan siswa, sarana dan prasarana dan kegiatan ektrakulikuler di sekolah. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti yaitu tentang kompetensi profesional guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam adalah tentang penguasaan materi pelajaran guru pendidikan agam Islam, memahami standar kompetensi dan kompetensi dasar, mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi umtuk mengembangkan diri dan mengembangkan keprofesional yang berkelanjutan dengan tindakan reflektif. Hanya saja dalam meningkatkan keprofesionalannya belum melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dikarenakan keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi professional guru, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 02 Feb 2019 02:47
Last Modified: 02 Feb 2019 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4990

Actions (login required)

View Item View Item