KOMPETENSI KEPRIBADIAN USTADZ-USTADZAH DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTOKABUPATEN BANYUMAS

D., Amirotunnikmah (2016) KOMPETENSI KEPRIBADIAN USTADZ-USTADZAH DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTOKABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
D AMIROTUNNIKMAH_KOMPETENSI KEPRIBADIAN USTADZ-USTADZAH DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSU2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tradisional yang aktivitasnya adalah mempelajari, memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam dengan menekankan adanya moral keagamaan sebagai pedoman perilaku sehari-hari.Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam minimal terdiri dari unsur-unsur yang saling terkait, yaitu kiai, ustadz, santri, kurikulum, sumber belajar, metode pengajaran, evaluasi belajar dan supervisi. Unsur terpenting dalam sistem pendidikan di pondok pesantren yaitu adanya ustadz-ustadzah sebagai tempat santri memperoleh ilmu menginternalisasi nilai-nilai Islam. Sebagaimana gambaran pengasuh pondok pesantren, ustadz mengajarkan ilmu sesuai dengan kebijaksanaan pengasuh dan dengan sepenuh hati mereka taat kepada pengasuh. Oleh karena itu, seorang ustadz-ustadzah harus mampu memiliki kompetensi kepribadian yang baik dimana kompetensi kepribadian ustadz-ustadzahadalah kompetensi yang berkaitan dengan perilaku pribadi ustadz-ustadzah itu sendiri yang kelak harus memiliki nilai-nilai luhur sehingga terpancar dalam perilaku sehari-hari. Hal ini dengan sendirinya berkaitan erat dengan falsafah hidup yang mengharapkan ustadz-ustadzah menjadi model manusia yang memiliki nilai-nilai luhur.Ustadz-ustadzah harus bisa menjaga diri dengan penuh amanah, arif dan bijaksana sehingga masyarakat dan santri lebih mudah meneladani ustadz-ustadzah yang memiliki kepribadian utuh bukan kepribadian yang terbelah (splite personality). Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana kompetensi kepribadian ustadz-ustadzah di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan angket (kuesioner). Sedangkan untuk menganalisis data yaitu dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian ustadz-ustadzah di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto, Kabupaten Banyumas mampu memiliki kompetensi kepribadian ustadz-ustadzah yang sesuai dengan kriteria kepribadian ilmuwan dan sesuai dengan kriteria kepribadian pendidik dalam Islam antara lain yaitu berakhlak mulia; mantap, stabil dan dewasa; arif dan bijaksana; berwibawa; menjadi teladan; mengevaluasi kinerja sendiri; mengembangkan diri; dan religius.Dan diharapkan masing-masing ustadz-ustadzah dapat berimprovisasi, mengembangkan kompetensinya menjadi lebih baik lagi, saling bersinergi antar ustadz-ustadzah, bekerja sama, menjalin kekompakan dan semakin meningkatkan kapabilitas yang tinggi dalam penguasaan materi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pondok pesantren, ustadz-ustadzah, kompetensi kepribadian
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:39
Last Modified: 22 Jul 2016 03:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item