PENERAPAN STRATEGI TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MTs MA’ARIF NU 3 KEMRANJEN KAB.BANYUMAS

IMAM GHOZALI, NIM. 1423301251 (2018) PENERAPAN STRATEGI TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MTs MA’ARIF NU 3 KEMRANJEN KAB.BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
JUDUL_BAB 1_ BAB 5_DAN DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI full IMAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://lib.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Imam Ghozali. “Penerapan Strategi Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen”. Skripsi ini berupaya menyajikan model metode tutor sebaya yang dikembangkan oleh stakeholders MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen. Penelitian ini merupakan penelitia lapangan (field reasearch), yang bersifat kualitatif. Adapun penelitian menggunakan sumber data primer dan skunder, dengan perolehan data melalui mekanisme wawancara, observasi, dan dokumentasi data. Rangkaian data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode tutor sebaya yang diterapkan dalam kegiatan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Dalam perencanan program peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an, pada tujuan jangka pendek siswa siswi MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen diharapkan dapat memiliki ketrampilan membaca permulaan (dasar), sedangkan pada jangka panjang menjadikan anak didik sebagai insan kamil, berbakti pada orang tua, dapat berguna bagi agama, nusa dan bangsa. Sedangkan penerapan metode tutor sebaya yang ada di madrasah menggunakan satu model pembelajaran tutorial, yaitu berdasarkan teori yang diungkapkan Branly metode yang digunakan di MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen adalan model student to student pola 1. Pencapaian program peningkatan membaca Al-Qur’an di MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen sampai saat ini cukup optimal. Hal ini ditunjukkan dengan indikator peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa-siswi MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen. Indikator tersebut tercermin dari tujuan serta hal-hal yang dikuasai siswa dalam membaca permulaan. Hasil yang diperoleh pada mata pelajaran BTA dengan menggunakan strategi tutor sebaya mengalami peningkatan prestasi pada setiap pertemuan yang menunjukan bahwa penerapan strategi tutor sebaya efektif diterapkan kepada siswa di MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Penrapan Strategi, Tutor Sebaya, Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 31 Jan 2019 00:34
Last Modified: 31 Jan 2019 00:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4936

Actions (login required)

View Item View Item