MUKHTAROMAH, NIM. 102333026 (2018) MANAJEMEN PEMBINAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MTs RAUDLATUL HUDA YA BAKII KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (712kB) | Preview |
|
![]() |
Text
MUKHTAROMAH_MANAJEMEN PEMBINAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MTs RAUDLATUL HUDA YA BAKII KECAMATA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Manajemen pembinaan kompetensi pedagogik guru merupakan salah satu bagian dari manajemen sumber daya manusia dalam pendidikan yang tergolong penting dalam rangka meningkatkan kompetensi guru. Guru merupakan komponen paling menentukan dalam proses pembelajaran karena di tangan guru, kurikulum, sarana dan prasarana serta iklim pembelajaran menjadi suatu yang berarti bagi kehidupan peserta didik. Guru harus bisa menjadi pendiagnosis, organisator pengetahuan dan pelatih terampil untuk membantu para siswa menguasai informasi. Oleh karena itu, manajemen pembinaan kompetensi pedagogik guru sangat penting untuk dikembangkan. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung dilokasi penelitian. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif berusaha mendeskripsikan suatu peristiwa atau kejadian yang menjadi pusat perhatian tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap peristiwa tersebut. Objek penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan manajemen pembinaan kompetensi pedagogik guru di MTs Raudlatul Huda Ya Bakii Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Sedangkan subjek penelitiannya adalah guru, peserta didik dan kepala sekolah. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari proses analisis data sebelum dilapangan dan proses analisis data selama dilapangan. Setelah penelitian dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa manajemen pembinaan kompetensi pedagogik guru di MTs Raudlatul Huda Ya Bakii Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap dilaksanakan dengan mengoptimalkan fungsi manajemen, yakni mulai dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controlling) yang didasari oleh visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan. Pembinaan kompetensi pedagogik guru dibagi ke dalam dua bagian, yang pertama pembinaan jangka pendek yang terdiri dari diklat, workshop dan seminar. Kedua, pembinaan jangka panjang meliputi teaching clinic dan MGMP.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pembinaan, dan Kompetensi Pedagogik Guru |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sdri Siswa Prakerin |
Date Deposited: | 17 Jan 2019 03:23 |
Last Modified: | 17 Jan 2019 03:23 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |