KOMPETENSI GURU KELAS TINGGI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS

Fitri Nurhasanah, 1423305193 (2018) KOMPETENSI GURU KELAS TINGGI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text
kompetensi guru kelas tinggi di madrasah ibtidaiyah negeri purwokerto kecamatan purwokerto timur kabupaten banyumas .pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)

Abstract

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru yang didalamnya terdapat beberapa kompetensi diantaranya kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional. Dari sekian kompetensi yang akan dibahas adalah kompetensi pedagogik seperti yang terdapat dalam Standar Nasional Pendidikan, penjelasan Pasal 28 Ayat (3) butir a kompetensi pedagogik merupakan kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru kelas Tinggi di MI Negeri Purwokerto?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kompetesi pedagogik guru kelas tinggi di MI Negeri Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data disajikan dengan penyajian data, kemudian analisis data sampai dengan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa guru kelas tinggi MI Negeri Purwokerto memiliki Kompetensi yang sudah baik dalam mengelola pembelajarannya pada masing-masing kelas. Hal ini dibuktikan dengan pemahaman guru kelas tinggi terhadap peserta didik, rancangan pembelajaran guru kelas tinggi yang sistematis dan memperhatikan kondisi pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan metode mendidik dan menyenangkan serta memanfaatkan media yang dengan baik, dan evaluasi pembelajaran yang baik serta mengembangankan dan mengaktualisasikan potensi peserta didik dalam berbagai kegiatan yang sesuai dengan potensinya. Dengan demikian, bahwa guru kelas 4, 5 dan 6 di MI Negeri Purwokerto memiliki kompetensi pedagogik yang sudah baik dan sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Guru Kelas Tinggi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Nov 2018 07:14
Last Modified: 06 Nov 2018 07:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4701

Actions (login required)

View Item View Item