HIPEREALITAS SIMULAKRA MEDIA SOSIAL (Studi pada Mahasiswa KPI IAIN Purwokerto Pengguna Instagram)

Akhmad Yusuf, NIM. 1323102046 (2018) HIPEREALITAS SIMULAKRA MEDIA SOSIAL (Studi pada Mahasiswa KPI IAIN Purwokerto Pengguna Instagram). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (882kB) | Preview
[img] Text
Akhmad Yusuf_Hiperealitas Simulakra Media Sosial (Studi pada Mahasiswa KPI IAIN Purwokerto).pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Arus kebudayaan dibarengi perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu pesat membuat masyarakat menjadi lupa dengan realitas yang sesungguhnya. Penggunaan media sosial kian menjamur dikalangan mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam, namun dengan adanya media sosial justu memisahkan kehidupan sosial secara nyata, kita bisa melihat ketika ada kerumunan mahasiswa di kantin ataupun di dalam kelas, mereka sibuk sendiri dengan smartphone-nya masing-masing. Hal ini menjadi efek negatif bagi kehidupan manusia, karena mereka terkukung dalam realitas yang semu yang digambarkan oleh Baudrillard sebagai hiperealitas (hiperreality). Berdasar pada latar belakang tersebut, maka peneliti tertarik untuk mengkaji budaya media yang ada pada mahasiswa KPI IAIN Purwokerto. Fokus permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana hiperealitas simulakra di Instagram Mahasiswa Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto, mengingat instagram sebagai media yang sedang bomming dikalangan mahasiswa KPI. Berdasar perumusan masalah tersebut, maka digunakan teori hiperealitas dan simulakra yang dikonsep oleh Jean Baudrillard dalam melihat budaya hiperealitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (study case) dengan sumber data instagram mahasiswa KPI IAIN Purwokerto. Data-data yang telah dianalisis memiliki aspek yang mengarah pada hiperealitas serta dikaji sejauh mana budaya hipereal mahasiswa KPI. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa mahasiswa program studi KPI IAIN Purwokerto sudah memasuki dunia hipereal, di mana ditemukan beberapa aspek yang mengarah pada hiperealitas, seperti ekstasi komunikasi dan konsumtif. Mereka lupa jati diri yang sebenarnya, kenyataan yang ditampilkan di instagram berbeda dengan apa yang terjadi. Proses simulakra yang dialami oleh tiap informan berbeda-beda berdasarkan pengalaman yang dimiliki, dari telaah ketujuh informan, telah diketahui bahwa mahasiswa KPI sudah mencapai pada fase citraan ketiga, di mana simulakra sudah menghilangkan realitas dasar. Mereka meyakini bahwa apa yang harus ditampilkan di akun instagramnya haruslah sempurna, agar dinilai baik dan bagus oleh follower, dengan mengedit foto-foto yang akan di upload.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hiperealitas, simulakra, instagram, Jean Baudrillard, mahasiswa.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 02 Oct 2018 07:07
Last Modified: 02 Oct 2018 07:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4476

Actions (login required)

View Item View Item