KINERJA PERSONALIA DALAM MENUNJANG PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMKN 1 PURWOKERTO

Wiwit Setiyani, NIM> NIM. 1423303038 (2018) KINERJA PERSONALIA DALAM MENUNJANG PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMKN 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
WIWIT SETIYANI_KINERJA PERSONALIA DALAM MENUNJANG PENINGKATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan dan kemajuan suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh kualitas dan kinerja sumber daya manusia bila dipimpin dan dikelola dengan baik. Menurut Townsend dan Butterworth, terdapat sepuluh faktor penentu terwujudnya proses pendidikan yang bermutu salah satunya adalah partisipasi dan rasa tanggung jawab guru dan staf, serta pengembangan staf yang terprogram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja personalia terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMKN 1 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah personalia yang terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan di SMKN 1 Purwokerto, yang berjumlah 166 personalia yang diambil dengan menggunakan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data variabel kinerja personalia dan variabel peningkatan mutu pendidikan adalah dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket dengan model skala Likert. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Pearson Product Moment. Uji reliabilitas digunakan rumus Croanbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis digunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji heteroskedastisitas. Analisis data dengan teknik regresi linier sederhana. Jumlah item valid untuk variabel kinerja personalia adalah 19 item, dan jumlah item valid variabel peningkatan mutu pendidikan adalah 19 item. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Kinerja personalia terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan. Dibuktikan dengan koefisien regresi X sebesar 0,424 dan positif, Dengan signifikansi 0,000 ≤ 0,05. (2) Besarnya pengaruh kinerja personalia terhadap peningkatan mutu pendidikan dapat dibuktikan dengan nilai koefisien determinansi variabel X terhadap variabel Y (rxy) sebesar 0.297. Hal ini menunjukan bahwa 29,7% perubahan pada variabel peningkatan mutu pendidikan dipengaruhi oleh variabel kinerja personalia. Sementara 70,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar yang diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Personalia, Peningkatan Mutu Pendidikan, Mutu staf sekolah,
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Manajemen Personalia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 28 Sep 2018 00:31
Last Modified: 28 Sep 2018 00:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4423

Actions (login required)

View Item View Item