PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MI MUHAMMADIYAH WIRASANA PURBALINGGA

NADIA NOOR FAHMI, NIM. 1423305027 (2018) PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MI MUHAMMADIYAH WIRASANA PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MI MUHAMMADIYAH WIRASANA PUR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Edutainment merupakan suatu proses pembelajaran yang didesain dengan memadukan antara muatan pendidikan dan hiburan secara harmonis sehingga aktivitas pembelajaran berlangsung menyenangkan. Penerapan edutainment adalah rancangan yang telah dijalankan sedemikian rupa dalam pembelajaran sehingga membuat para siswa aktif, nyaman dan merasa senang ketika belajar di kelas. Demikian pula dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Muhammadiyah Wirasana yang dibuat senyaman mungkin dalam belajar melalui pembelajaran berbasis edutainment sehingga materi dapat tersampaikan dengan baik dan dalam suasana yang menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah Penerapan Edutainment dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Muhammadiyah Wirasana Purbalingga. Sedangkan yang menjadi subjeknya adalah kepala sekolah, guru kelas III A dan siswa kelas III A MI Muhammadiyah Wirasana. Untuk memperoleh data dalam penelitian, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat menunjukan, bahwa Edutainment dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Muhammadiyah Wirasana dilakukan dengan memberikan pembelajaran yang mampu membuat siswa merasa nyaman dan senang ketika mengikuti pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Karena dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Muhammadiyah Wirasana guru telah menggunakan macam-macam strategi pembelajaran yaitu: Active learning, cooperative learning, role playing, dan quantum learning. Strategi active learning dilakukan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, strategi cooperative learning dilakukan dengan membagi siswa ke dalam kelompok kecil, strategi role play dilakukan dengan cara menciptakan suasana pembelajaran lebih menyenangkan dengan bermain peran, dan quantum learning dengan konsep tandur serta pemberian motivasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Edutainment, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, MI Muhammadiyah Wirasana
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 14 Sep 2018 00:03
Last Modified: 14 Sep 2018 00:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4124

Actions (login required)

View Item View Item