PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEPRAMUKAAN DI MI NEGERI WIRASABA KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

Ulfah, Yulianti (2016) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEPRAMUKAAN DI MI NEGERI WIRASABA KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ULFAH YULIANTI_PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEPRAMUKAAN DI MI NEGERI WIRASABA KECAMATAN BUKATEJA K.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan suatu bangsa dalam memperoleh tujuannya tidak hanya ditentukan oleh melimpah ruahnya sumber daya alam, tetapi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusiannya. Praktik pendidikan di Indonesia lebih cenderung berorientasi pada pengembangan intelektual daripada pengembangan karakter. Dalam hal ini pendidikan di tingkat dasar memiliki peran penting dalam menanamkan pendidikan karakter. Upaya pendidikan karakter pada peserta didik dapat ditempuh dengan melaksanakan pendidikan karakter melalui kepramukaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pendidikan karakter dalam kepramukaan di MI Negeri Wirasaba Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan kepramukaan yang diarahkanuntuk menginternalisasikan nilai-nilai karakter. Adapun nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan merujuk kepada 18 nilai karakter yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional dan nilai-nilai yang terkandung dalam Kode Kehormatan Pramuka.Proses pembentukan nilai karakter dilakukan melalui tiga tahapan yaitu Moral Knowing, Moral Feeling, dan Moral Actionserta menerapkan Metode Kepramukaan seperti pengamalan Dasa Darma, belajar sambil melakukan, sistem beregu, sistem among, sistem satuan terpisah, yang dilakukan di alam terbuka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter, Pendidikan Karakter, Kepramukaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 30 Jun 2016 01:59
Last Modified: 30 Jun 2016 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/400

Actions (login required)

View Item View Item