IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 WONOSOBO

NANIK MARYANTI, NIM. 1423301284 (2018) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 WONOSOBO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
NANIK MARYANTI_IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode pembelajaran tutor sebaya merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara memilih siswa yang memiliki kemampuan lebih dari yang lainnya untuk membimbing teman-teman yang memiliki kemampuan di bawahnya. Metode pembelajaran tutor sebaya digunakan dalam pembelajaran baca tulis AlQur‟an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Wonosobo yang sudah berjalan dua tahun, dimana pembelajaran tersebut diwajibkan untuk siswa kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Wonosobo. Di antara tujuan diadakannya pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an dengan metode pembelajaran tutor sebaya adalah agar setiap siswa dipastikan mampu membaca maupun menulis ayat-ayat Al-Qur‟an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidahnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru Pengampu matapelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an, Siswa yang menjadi tutor sebaya, serta siswa-siswi peserta tutor kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas) Madrasah Aliyah Negeri 1 Wonosobo. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, bahwa Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Wonosobo meliputi pra pelaksanaan, pelaksanaan, evaluasi dan hasil pembelajaran mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an dengan metode pembelajaran tutor sebaya. Dalam pelaksanaanya tutor sebaya menggunakan media pembelajaran berupa buku jilid Yanbu‟a, Al-Qur‟an juz 30, buku prestasi siswa, serta buku tulis siswa yang dapat menunjang keberhasilan siswa dalam belajar membaca dan menulis ayat-ayat Al-Qur‟an. Di samping itu adanya tahap evaluasi yang dilakukan oleh tutor sebaya, guru pengampu Baca Tulis Al-Qur‟an, dan guru kenaikan jilid dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an menjadi bahan penilaian untuk dapat memantau perkembangan siswa dalam membaca dan menulis ayat-ayat Al-Qur‟an. Dari evaluasi tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran Baca Tulis AlQur‟an dengan metode pembelajaran tutor sebaya mampu membantu siswa dalam belajar membaca dan menulis ayat-ayat Al-Qur‟an dan dapat disimpulkan bahwa Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Wonosobo berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Tutor, Sebaya, Pembelajaran, Baca, Tulis, Al-Qur’an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 23 Jul 2018 00:17
Last Modified: 23 Jul 2018 00:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3882

Actions (login required)

View Item View Item