KORELASI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU PAI DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL

BACHTIAR YUSUP, 1522605030 (2018) KORELASI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU PAI DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
BACHTIAR YUSUP_KORELASI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU PAI DI SEKOLAH DASAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitianini dilatarbelakangi supervisiakademik yang dilakukankepalasekolahataupengawassekolahkurangmaksimalsehinggakualitaspembelajaran yang dilakukanoleh Guru PAI di SekolahDasar se-KecamatanTegal Selatan kurangmaksimal. Jenisdanpendekatandalampenelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganmetode yang digunakanyaitupenelitian survey yang bersifatmenjelaskanfenomena (explanatory research) denganpendekatanpenelitiankorelasional. Rumusanmasalahdaripenelitianini antara lain : 1) hubungansupervisiakademikdengankualitaspembelajaran guru PAI di SekolahDasar se-KecamatanTegal Selatan Kota Tegal; dan 2) bagaimana aktualisasi supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Guru PAI di SD se-Kecamatan Tegal Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) hubunganantarasupervisiakademikdenganKualiatasPembelajaran Guru PAI di SekolahDasar se-KecamatanTegal Selatan Kota Tegalsignifikan,” karenaberdasarkanuji F atauujinilaiSignifikansi (Sig.), denganketentuan, jikaNilai Sig. < 0,05, maka model regresiadalah linier, danberlakusebaliknya. Berdasarkanuji ANOVA di atas, diperolehnilai Sig. = 0,002a yang berarti<kriteriasignifikan (0,05), dengandemikian model persamaanregresiberdasarkan data penelitianadalahsignifikan, artinyamodel regresi linier memenuhikriterialinieritas.Sehinggadapatdiambilkesimpulanbahwaadahubungan yang signifikanantaraXadan Y (0,002a< 0,05), artinyaterdapatkorelasipositifsignifikanantarasupervisiakademikkepalasekolahdengankualitaspembelajaran guru PAI di SekolahDasar se-KecamatanTegal Selatan Kota Tegal, karenaNilai Sig. (0,002a) < 0,05.Hal itudidasarihasil rata-rata ujiansekolahbersama (USB) matapelajaran PAI masihbanyak yang belummemenuhi SKL (StandarKriteriaLulusan) danjugabelummemenuhi KKM(KriteriaKetuntasan Minimal). 2) aktualialisasi supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Guru PAI di SD se-Kecamatan Tegal Selatan yaitu : pembinaan kurikulum, perbaikan proses pembelajaran, dan pengembangan staf.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: SuperviiAkademik, KualitasPembelajaran Guru PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 15 Mar 2018 08:18
Last Modified: 15 Mar 2018 08:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3658

Actions (login required)

View Item View Item