PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH KALIGONDANG PURBALINGGA

FATMA HANIFAH, 1323305050 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH KALIGONDANG PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
FATMA HANIFAH_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kelas IV MIM Kaligondang Purbalingga, merupakan kelas yang sudah menerapkan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian guna mengkaji tentang penerapan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV di MIM Kaligondang Purbalingga. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di MI Muhammadiyah Kaligondang Purbalingga”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch) yaitu peneliti melihat secara langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan model pembelajaran Group Investigation. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MIM Kaligondang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data dengan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terjadi perilaku komunal-individual. Masing-masing siswa selain bekerja secara kelompok, mereka tetap mempunyai tugas belajar secara individu dalam kelompoknya yaitu menginvestigasi sub-sub topik yang telah dibagikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Group Investigation, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Feb 2018 02:22
Last Modified: 09 Feb 2018 02:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3545

Actions (login required)

View Item View Item