MOTIVASI DAN KINERJA GURU DI MTSN. MODEL PURWOKERTO DAN MTS. AL-IKHSAN BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Joni Adi Laksono, 1522605037 (2017) MOTIVASI DAN KINERJA GURU DI MTSN. MODEL PURWOKERTO DAN MTS. AL-IKHSAN BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
JONI ADI LAKSONO_MOTIVASI DAN KINERJA GURU DI MTSN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
CVOER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan kinerja yang tinggi, seorang guru tentu harus mempunyai motivasi dan kemampuan yang tinggi, sebaliknya apabila seorang guru mempunyai kemampuan dan motivasi yang rendah, maka kinerja yang dihasilkan rendah pula. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan motivasi kerja guru MTsN. Model Purwokerto dan MTs. Al-Ikhsan Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas; (2) untuk mendeskripsikan kinerja guru MTsN. Model Purwokerto dan MTs. Al-Ikhsan Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas; dan (3) untuk menganalisis apakah ada pengaruh yang positif signifikan antara motivasi kerja guru terhadap kinerja guru MTsN. Model Purwokerto dan MTs. Al-Ikhsan Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi dengan model concurrent triangulation. Penelitian ini dilaksanakan MTsN. Model Purwokerto dan MTs. Al-Ikhsan Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Adapun waktu penelitian ini direncanakan berlangsung selama 6 bulan, yaitu Bulan Februari 2017 sampai dengan Bulan Juli 2017. Teknik pengumpulan datanya menggunakan participant observation, indepth interview, dokumentasi dan angket. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) berdasarkan hasil wawancara dan observasi di MTsN. Model Purwokerto dan MTs. Al-Ikhsan Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, jelas bahwa motivasi kerja merupakan suatu hal yang abstrak, adanya di dalam hati. Motivasi kerja memiliki peranan penting bagi tercapainya tujuan organisasi yang maksimal, karena dengan motivasi guru dapat menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan standar yang telah ditentukan; (2) seorang guru yang memiliki motivasi kerja akan mampu mempengaruhi peserta didik sebagaimana yang diungkap oleh Elliot yang menjelaskan bahwa seorang guru yang berprilaku positif cenderung mempunyai peserta didik yang berprestasi tinggi dan memiliki keterampilan yang positif dalam mengerjakan tugas. Sehingga motivasi kerja juga mempunyai hubungan yang erat dengan kinerja; dan (3) berdasarkan uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru MTsN. Model Purwokerto dan MTs. Al-Ikhsan Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Kinerja, Guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 20 Oct 2017 01:39
Last Modified: 20 Oct 2017 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3187

Actions (login required)

View Item View Item