PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III MI MA’ARIF NU KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI TAHUN PELAJARAN 2017 DARWATI 1323305147

DARWATI, 1323305147 (2017) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III MI MA’ARIF NU KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI TAHUN PELAJARAN 2017 DARWATI 1323305147. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustka.pdf

Download (941kB) | Preview
[img] Text
Darwati_PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangiolehpembelajaranmatematika yang dilaksanakan di sekolah/madrasah masihberpusatpada guru (teacher center).Pendekatanpembelajaran di kelasmasihmenggunakanpendekatankonvensional yang tidakmemberikankebebasankepadasiswauntukaktifdikelassehinggasiswacepatmerasabosandenganpembelajaran yang dilaksanakan.Sehinggaperluadanyasolusi agar pembelajaranmatematikamenjadilebihmenarikdanmembuatsiswatidak anti patiterhadappelajaranmatematika.Matematikaperludiarahkanpadaaktivitas-aktivitas yang mendorongsiswaaktif di dalamkelas (student center).Pembelajaranmatematikajugaharusbisamengakrabkansiswadenganlingkungandanpengalamannyadalamkehidupansehari-hari.Salah satupendekatanpembelajaranmatematika yang berorientasipadapengalamansehari-hariadalahpendekatan Realistic Mathematics Education. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) denganmenggunakanmetodepenelitianeksperimentwo group pre-test post-test design.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas III MI Ma’arif NU Kaliwangitahunpelajaran 2016/2017.Instrumenhasilbelajarberupatesberbentuk essay yang telahdiujivaliditasdanrealiabilitasnya.Materi yang digunakanadalahkelilingpersegidanpersegipanjang.Metodeanalisis data yang digunakanadalahanalisisstatistikdeskriptif.Analisis data menggunakanuji N-gain.Hipotesiskerjadaripenelitianiniadalahadapengaruh yang positifpendekatanRealistic mathematics education terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematika di kelas III MI Ma’arif NU Kaliwangi. Berdasarkanhasilanalisis data melaluiuji N-Gain, diperoleh rata-rata Gkontrolsebesar 0,1099 dan rata-rata Geksperimensebesar 0,2052 yang berartikeduanyatermasukpeningkatandalamkategorirendahnamunberbedasignifikan. SehinggadapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhpositifpendekatanRealistic Mathematics Education terhadaphasilbelajarsiswakelas III MI Ma’arif NU Kaliwangimaterikelilingpersegidanpersegipanjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education, HasilBelajar, Uji N-Gain
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:25
Last Modified: 16 Oct 2017 01:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3172

Actions (login required)

View Item View Item