IMPLEMENTASI PENDEKATAN CTL DALAM MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V MI COKROAMINOTO PURWASANA KEC. PUNGGELAN KAB. BANJARNEGARA TAHUN PENDIDIKAN 2016/2017

Wahyu Setiati, 1323305109 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CTL DALAM MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V MI COKROAMINOTO PURWASANA KEC. PUNGGELAN KAB. BANJARNEGARA TAHUN PENDIDIKAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
WAHYU SETIATI_IMPLEMENTASI PENDEKATAN CTL DALAM MATA PELAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan adalah cara umum atau memandang permasalahan atau objek. sedangkan pendekatan pembelajaran adalah titik tolak atau sidut pandang terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pendangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih umum. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu “Bagaimana Implementasi pendekatan (CTL) dalam mata pelajaran IPA siswa kelas V MI Cokroaminoto Purwasana Kac. Punggelan Kab. Banjarnegara tahun pelajaran 2016/2017?” Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fiel research) yaitu penelitian langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi yang terkait dengan implementasi pendekatan (CTL). Objek dalam penelitian ini adalah implementasi pendekatan (CTL) di MI Cokroaminoto Purwasana. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan (CTL) membuat peserta didik lebih mudah memahami pembelajaran yang diterima dengan melihat faktanya. Dalam menerapkan pendekatan CTL pada mata pelajaran IPA, pendidik melaksanakan tahapan-tahapan yang meliputi: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Perencanaan adalah proses menyusun materi pembelajaran, media pembelajaran, penggunaan pendekatan, metode dan penilain. Tahap pelaksanaan adalah tahap penerapan pendekatan CTL pada mata pelajaran IPA. Tahap yang terakhir yaitu evaluasi adalah kegiatan untuk mengukur peserta didik sejauh mana mampu menyerap materi yang disampaikan pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran IPA, dan siswa kelas V
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 10 Oct 2017 06:02
Last Modified: 10 Oct 2017 06:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3126

Actions (login required)

View Item View Item