PEMBIASAAN MENGAJI BA’DA DZUHUR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI SD NEGERI 2 KEDUNGBENDA, KEMANGKON, PURBALINGGA

Yogi Dwi Aristiyana, 1323301210 (2017) PEMBIASAAN MENGAJI BA’DA DZUHUR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI SD NEGERI 2 KEDUNGBENDA, KEMANGKON, PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (906kB) | Preview
[img] Text
YOGI DWI ARISTIYANA_PEMBIASAAN MENGAJI BA’DA DZUHUR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan adalah berbagai usaha yang dilakukan oleh seseorang yang positif. Usaha itu banyak macamnya. Satu diantaranya ialah dengan cara mengajarnya, yaitu dengan cara mengembangkan pengetahuan dan keterampilan. Selain itu, ditempuh juga usaha lain, yakni memberikan contoh (teladan) agar ditiru, memberikan pujian, dan hadiah, mendidik dangan cara membiasakan, dan lain-lain yang tidak terbatas jumlahnya. Pada umumnya orang tua lebih menitik beratkan pada pendidikan umum sehingga banyak anak muslim yang belum bisa membaca dan menulis al-Qur’an. Sebagai langkah awal adalah meletakkan dasar agama yang kuat pada anak sebagai persiapan ntuk mengurangi hidup dan kehidupan kelaknya. Bagi anak SD membaca al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting yang harus diajarkan sejak usia dini maka anak akan terbiasa membaca al-Qur’an setelah dewasa dan meningkatkan membaca al-Qur’an. Untuk melaksanakan tugas dan kewajiban secara benar dan rutinterhadap anak/ peserta didik perlu diadakannya pembiasaan Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pembiasaan mengaji ba’da dzuhur dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur’an pada siswa di SD Negeri 2 Kedungbenda, Kemangkon, Purbalingga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data.Objek penelitian ini adalah pembiasaan mengaji ba’da dzuhur dalam meningkatkan keteramppilan membaca al-Qur’an pada siswa di SD Negeri 2 Kedungbenda, Kemangkon, Purbalingga.. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tujuan dari pembiasaan mengaji ba’da dzuhur dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur’an pada siswa di SD Negeri 2 Kedungbenda adalah agar siswa mampu memahami huruf hijaiyah, dapat membaca al-Qur’an dengan lancar, dapat membiasakan membaca al-Qur’an, dan dapat memahami isi kandungan agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah metode Iqra’, menirukan dan pengulangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan mengaji, keterampilan membaca al-Qur’an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 02 Oct 2017 02:12
Last Modified: 02 Oct 2017 02:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3041

Actions (login required)

View Item View Item