SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS PAI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK SE-RAYON KROYA KABUPATEN CILACAP

Husein Yahya, 1522605035 (2017) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS PAI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK SE-RAYON KROYA KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABVI_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HUSEIN YAHYA_SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peran strategis supervisi akademik yaitu meningkatkan kompetensi guru agar dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, efektif, dan menyenangkan. Di sisi lain, kurikulum dari waktu ke waktu mengalami perubahan. Implementasi kurikulum apapun, dalam pelaksanaannya jelas membutuhkan kerjasama agar tidak salah pengertian antara penyusun kurikulum dengan pelaksana kurikulum. Demi lancarnya implementasi kurikulum 2013 ini, di samping diklat kurikulum pemerintah telah menerbitkan Permendiknas No. 105 tahun 2014 tentang pendampingan kurikulum 2013. Tugas tersebut diemban oleh kepala sekolah, pengawas, dan guru melalui kegiatan supervisi akademik agar tidak ada kesalahpahaman atau multi tafsir para guru sebagai ujung tombaknya termasuk guru PAI. Tujuan penelitian ini yaitu mendiskripsikan dan menganalisis kegiatan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas PAI dalam mendampingi implementasi kurikulum tersebut khususnya mata pelajaran PAI di tingkat SMK se-rayon Kroya Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Subyek penelitian ini yaitu, kepala Sekolah, pengawas PAI, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru PAI. Hasil penelitian ini adalah supervisi akademik telah dilaksanakan oleh kepala SMK di rayon Kroya melalui tim supervisor yang terdiri dari kepala sekolah dan guru pilihan dengan intensitas satu kali dalam satu semester. Teknik yang digunakan adalah teknik kunjungan kelas, sedangkan tindak lanjutnya dengan percakapan pribadi dan pembinaan lewat rapat, workshop maupun IHT. Sedangkan pengawas PAI melaksanakan supervisi akademik dengan menyusun perencanaan kemudian mengadakan kunjungan ke sekolah. Teknik yang digunakan pengawas PAI adalah teknik diskusi kelompok dan observasi, sedangkan tindak lanjutnya melalui percakapan pribadi dan pembinaan kelompok dalam forum MGMP. Supervisi akademik tersebut baik dari kepala sekolah maupun pengawas PAI telah membantu guru PAI dalam memahami dan mengimplementasikan kurikulum 2013 dari penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, hingga penilaian hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Kurikulum 2013, Kepala Sekolah, Pengawas PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 18 Sep 2017 03:23
Last Modified: 18 Sep 2017 03:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2994

Actions (login required)

View Item View Item