DitaWulandariWidianti, 1323305072 (2017) MEDIA PEMBELAJARAN SAINS (STUDI TENTANG PEMANFAATAN LAMPION METAMORFOSIS UNTUK PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PEKUNCEN KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP). Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (646kB) | Preview |
|
Text
DITA WULANDARI WIDIANMTI_MEDIA PEMBELAJARAN SAINS.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Proses pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah pada umumnya masih di dominasi dengan pembelajaran konvensional, di mana guru hanya menerapkan metode ceramah dan disertai tanya jawab dengan siswa, tanpa menggunakan media pembelajaran. Sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran IPA siswa dapat berpartisipasi aktif dalam mengikuti setiap proses pembelajaran yang berlangsung, serta pembelajaran yang berlangsung dapat lebih efektif, efisien dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Media merupakan segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi. Media Pembelajaranadalahsebuahalat yang berfungsidandapatdigunakanuntukmenyampaikanpesanpembelajaran. Metamorfosisadalahtahapperubahanbentuk yang dialamihewansejakmenetassampaimenjadihewandewasa. Dalampenelitianini, penelitimenggunakanjenispenelitianfield researchyaitupenelitian yang dilakukansecaralangsungke Madrasah IbtidaiyahNegeri (MIN) Pekuncen. Teknikpengumpulan data yang penelitilakukanyaitumelaluiobservasi, wawancaradandokumentasi. Dalammenganalisis data penelitimenggunakananalisis data kualitatifdenganmenggunakanmetodetriangulasihdanmelaluitahapreduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Dalampenelitianini, data penelitidiperolehdariwalikelas IV C dan guru-guru Madrasah IbtidaiyahNegeri (MIN) Pekuncen. Dan darianalisis yang penelitilakukansetelahmelakukanpenelitianpembelajarandenganmemanfaatkan media lampion metamorfosis pada pelajaran IPA kelas IV, penelitimelakukanwawancaradengan guru yang ada di Madrasah IbtidaiyahNegeri (MIN) Pekuncen. Dalamwawancaratersebutdiperolehhasildaribeberapa guru yang ada di Madrasah IbtidaiyahNegeri (MIN) Pekunce, Bapakwalikelas IV C membuat lampion metamorfosisdenganmemanfaatkan media pembelajarandalam proses kegiatanbelajarmengajar yang merupakanteknikpengumpulan data. Denganmenggunakan media tigadimensi lampion metamorfosistermasukmenggunakan media bendakonkrit (nyata).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran , IPA |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 01:45 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 01:45 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2956 |
Actions (login required)
View Item |