UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

TutiAliatulMubarokah, 1323301198 (2017) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
TUTI ALIATUL MUBAROKAH_UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA DI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an ialah firman Allah berupa wahyu yang disampaikan oleh Malaikat jibril kepada Nabi Muhammad SAW.Untuk mampu memahami Al-Qur’an sebagai petunjuk hidup yang benar maka sebagai orang Islam mereka harus mampu untuk membaca Al-Qur’an terlebih dahulu.Kebanyakan orang tua menginginkan anaknya membaca Al-Qur’an.Demi mencapai itu semua, mereka rela mengeluarkan biaya untuk menyekolahkan anaknya di lembaga pendidikan yang mengajarkan tentang Al-Qur’an secara intensif sejak dini.Namun, fenomena yang terjadi membuktikan bahwa anak-anak jaman sekarang sudah enggan pergi ke Taman Pendidikan Al-Qur’an, masjid untuk mengaji dan belajar Al-Qur’an. Mereka mulai terpengaruh tekhnologi seperti televisi, handphone, internet yang menyebabkan mereka lebih suka terhadap menyanyikan lagu-lagu yang tidak mengandung manfaat daripada melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an pada siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto?”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an pada siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dil akukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an pada siswa melalui program Qiroaty (tahsin) dan Tahfidz Qur’an. Kata Kunci: Upaya, Kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 31 Aug 2017 08:56
Last Modified: 31 Aug 2017 08:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2811

Actions (login required)

View Item View Item