PENERAPAN METODE MENDONGENG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA KABUPATEN BANYUMAS

Merlina Eka Wardani, 1323305145 (2017) PENERAPAN METODE MENDONGENG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
MERLINA EKA WARDANI_PENERAPAN METODE MENDONGENG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah di MI darul Hikmah Bantarsoka Kabupaten Banyumas sudah menerapkan metode mendongeng dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan metode mendongeng dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 1 A di MI darul Hikmah bantarsoka apakah sudah sesuai denga langkah-langkah pelaksanaan atau belum. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penerapan Metode Medongeng Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I di MI Darul Hikmah Bantarsoka Kabupaten Banyumas?” Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) yaitu penulis terjun langsung kelapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan metode mendongeng dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian yang penulis lakukan di MI Darul Hikmah Bantarsoka pertama, Pelaksanaan Metode Mendongeng Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Tema Perbuatan Baik, sebelum mendongeng guru menyiapkan materi, media atau alat peraga dan tempat yang akan digunakan untuk mendongeng. Dalam mendongeng guru menyampaikan tidak sama persis dengan yang ada di buku tapi dengan improfisasi. Setelah selesai pembelajaran guru selalu melakukan penilaian di akhir pembelajaran. Agar mengetahui sejauh mana anak menguasai materi. Kedua, Pelaksanaan Metode Mendongeng Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Tema Maaf Memaafkan, sebelum mendongeng guru menyiapkan materi, media atau alat peraga dan tempat yang akan digunakan untuk mendongeng. Dalam mendongeng guru menyampaikan tidak sama persis dengan yang ada di buku tapi dengan improfisasi. Setelah selesai pembelajaran guru selalu melakukan penilaian di akhir pembelajaran. Agar mengetahui sejauh mana anak menguasai materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Mendongeng, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:09
Last Modified: 31 Aug 2017 01:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2767

Actions (login required)

View Item View Item