STRATEGI SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK EMPATI SISWA DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Fariza Salsa Bella, 1323301021 (2017) STRATEGI SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK EMPATI SISWA DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
FARIZA SALSA BELLA_STRATEGI SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK EMPATI SISWA DI SD TERPADU PU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam suatu lembaga pendidikan, pasti selalu terdapat strategi atau cara yang menjadi titik tumpu pada kualitas mutu pendidikan. Sekolah adalah wadah untuk menampung berbagai karakter anak secara utuh. Sehingga kini banyak lembaga sekolah yang menaruh jam pembelajaran sampai sore, selain sebagai kesibukan orang tua yang bekerja seharian hingga tidak dapat membimbing anak secara penuh dirumah. Adanya masalah tersebut memberikan solusi bagi lembaga pendidikan untuk menerapkan sistem full day school sebagai sekolah sehari penuh. Sistem Ini telah diterapkan oleh lembaga SD Terpadu Putra Harapan yang menampung aspirasi masyarakat dan juga sebagai pembentukan karakter anak. Selain itu juga sebagai sarana dalam berhubungan sosial serta sebagai penunjang bagi siswa ketika terjun dalam ruang lingkup masyarakat. Sistem full day school yang diterapkan SD Terpadu Putra Harapan ini berkaitan dengan sosial adalah pembentukan empati. Penelitian yang dilakukan ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Keseluruhan data dan pengolahannya dalam bentuk deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer maupun sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa strategi sistem full day school dalam membentuk empati siswa dilandasi dengan 5 karakter yaitu nilai toleransi, nilai kerja keras, nilai mandiri, dan nilai disiplin, serta nilai tanggung jawab. Kelima nilai karakter tersebut merupakan strategi yang dapat mengantarkan siswa pada rasa empati. Setelah karakter tersebut ada dalam diri siswa lalu dibentuklah kegiatan khusus rasa empati melalui sistem full day school, antara lain: jum’at berkah dan istimewa, tukar menukar hadiah, belajar diluar kelas, berbagi ta’jil dibulan ramadhan, dan bakti sosial. Kegiatan tersebut merupakan strategi keteladanan dan pembiasaan yang diterapkan oeh sistem full day schooldalam membentuk sosial kemasyarakatan dalam hal empati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Full Day School, Empati.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:51
Last Modified: 30 Aug 2017 07:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2753

Actions (login required)

View Item View Item