STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS I’DAD MADRASAH ALIYAH DARUNNAJAT PRUWATAN BUMIAYU KAB. BREBES

Puji rahayu, 102332020 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS I’DAD MADRASAH ALIYAH DARUNNAJAT PRUWATAN BUMIAYU KAB. BREBES. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (983kB) | Preview
[img] Text
PUJI RAHAYU_Strategi Pembelajaran Bhs Arab.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran bahasa Arab diantaranya harus mengarahkan peserta didik pada pengembangan keterampilan berbahasa, agar peserta didik dapat mengaplikasikan bahasa Arab baik secara lisan maupun tulisan. Bagi peserta didik pemula yang mempelajari bahasa Arab tentu memiliki kelemahan ketika mempelajarinya, maka dari itu untuk dapat memudahkan peserta didik dalam memahami dan menerima pelajaran diperlukan strategi pembelajaran yang tepat agar dapat mencapai suatu tujuan pembelajaran yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran bahasa Arab di kelas I’dad Madrasah Aliyah Darunnajat Pruwatan Bumiayu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan strategi pembelajaran bahasa Arab di kelas I’dad Madrasah Aliyah Darunnajat Pruwatan Bumiayu. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi untuk memperoleh data dalam penelitian ini. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab kelas I’dad, peserta didik, dan kepala sekolah Madrasah Aliyah Darunnajat. Dalam menganalisis data yang telah diperoleh, penulis menggunakan cara pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan/ konklusi. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan, peneliti menemukan bahwa dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas I’dad diperlukan pemilihan strategi pembelajaran yang tepat untuk diterapkan di kelas percepatan Aliyah ini. Adapun strategi-strategi pembelajaran yang digunakan guru bahasa Arab di kelas I’dad secara keseluruhan merupakan strategi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Kata Kunci : Strategi pembelajaran bahasa Arab, kelas I’dad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 18 Jun 2016 05:08
Last Modified: 18 Jun 2016 05:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item View Item